Jokowi berjanji, Istana Kepresidenan dibangun di Papua

1
170
Jokowi berjanji, Istana Kepresidenan dibangun di Papua

Jakarta, NAWACITA- Presiden Jokowi berjanji akan merealisasikan keinginan masyarakat Tanah Papua untuk membangun Istana Kepresidenan di Bumi Cenderawasih.

Kementerian PUPR pun telah ditugaskan Kepala Negara untuk melakukan proses pengecekan lokasi untuk selanjutnya merencanakan pembanguan Istana Kepresidenan di Papua.

“Kami baru identifikasi awal, perencanaan dimulai pada anggaran 2020. Jadi dikaji dulu, bagaimana tanahnya, status tanahnya, kriteria desainnya seperti apa nantinya,” ujar Direktur Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga, Kamis, 31 Oktober 2019.

Danis memastikan bahwa Kementerian PUPR telah mengirim tim ke lokasi pembangunan Istana. Nantinya, hasil laporan tim tersebut akan melakukan perencanaan pembangunan.

Ia pun menerangkan bahwa desain Istana Kepresidenan Papua nantinya akan menggambarkan ciri khas Tanah Papua, misalnya seperti burung cenderawasih.

“Iya dong (berciri khas Papua), itu yang nanti kami inginkan. Tapi intinya kami siapkan dulu perencanaan sebaik-baiknya,” papar Danis.

Baca Juga : Presiden Jokowi melantik Komisioner dari Komisi Kejaksaan

Rencana pembangunan Istana Kepresidenan di Papua merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara tokoh Papua, Papua Muda Inspiratif (PIM) dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa 10 September 2019 lalu.

Pertemuan yang diprakarsai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), Budi Gunawan itu bertujuan sebagai salah satu cara pemerintah melakukan pemulihan kondusifitas Papua pasca-kerusuhan akhir Agustus 2019 lalu. Para tokoh Papua yang hadir di pertemuan menyampaikan 9 permintaan kepada Jokowi. Salah satunya, membangun Istana Kepresidenan RI di Papua.

Presiden Jokowi pun menyempatkan diri untuk melihat desain Istana Kepresidenan yang direncanakan dibangun di Papua. Desain ini diperlihatkan di sela peresmian Jembatan Youtefa, Jayapura, Papua, Senin 28 Oktober 2019.

Dilihat dari live streaming Sekretariat Presiden, didampingi Ibu Negara Iriana, Kepala BIN Budi Gunawan, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jokowi memerhatikan dengan seksama paparan soal desain Istana Kepresidenan di Papua. Seorang pejabat tampak menjelaskan ke Jokowi soal Istana di Papua itu.

Comments are closed.