Para Menteri yang Tidak Bekerja dengan Baik Akan di-reshuffle

1
14
Para Menteri yang Tidak Bekerja dengan Baik Akan di-reshuffle

Jakarta, NAWACITA- Pemerintah Joko Widodo-Ma’ruf Amin diingatkan untuk bekerja maksimal. Oleh karena itu, para menteri harus siap untuk diganti atau di-reshuffle jika tidak mampu bekerja dengan baik.

“Reshuffle itu mungkin terjadi karena terkait evaluasi dengan begitu kita butuhkan satu lembaga kepresidenan yang kuat,” ujar pengamat politik dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandez dalam diskusi bertajuk Kabinet Indonesia Maju dan PR Bangsa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Menurut dia, reshuffle atau perombakan kabinet sebagai sesuatu yang mungkin terjadi karena Presiden Jokowi tentu ingin memaksimalkan kerja para pembantunya di kabinet.

Dia memprediksi kemungkinan reshuffle menteri Kabinet Indonesia Maju bakal terjadi di tahun pertama. “Kalau kita lihat jejak apa yang terjadi di periode pertama, Pemerintah Jokowi melakukan tiga kali reshuffle, tahun 2015, masuknya Golkar ada di 2016 dan di 2018, tiga kali seingat saya,” tuturnya.

Baca Juga : Mendagri Tidak Bisa Terbitkan SKT FPI

Menurut Arya, kabinet baru lebih untuk mengakomodasi kepentingan partai. Kondisi tersebut membuat Jokowi sulit membuat “dream team”.

“Itu terkendala karena presiden harus melakukan akomodasi yang sangat besar ke partai-partai dan tidak hanya ke partai-partai pendukung pemerintah tapi juga kepada partai partai yang menjadi rivalnya,” tandasnya.

Dia mengatakan, kemungkinan reshuffle juga terjadi karena saat bersamaan Presiden Jokowi ingin membenahi tim dalam kabinetnya di tahun kedua, setelah mengakomodasi kepentingan partai pendukung.

“Reshuffle mungkin terjadi terkait evaluasi,” ujar Arya.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR Arkanata Akram berharap para menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju, terutama yang masuk dalam tim ekonomi mampu bekerja maksimal untuk dapat mewujudkan visi dan misi Presiden menuju Indonesia Maju.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here