Mendikbud Bisa Buat Terobosan Bagi Pendidikan Indonesia

4
220
Mendikbud Bisa Buat Terobosan Bagi Pendidikan Indonesia

Jakarta, NAWACITA- Bambang Sudibyo menyatakan Mendikbud Nadiem Makarim dapat membuat terobosan bagi pendidikan Indonesia. Mendiknas era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menilai Nadiem sebagai sosok yang berkompeten.

“Kita lihat saja nanti. Ya saya termasuk yang optimis bahwa beliau (Nadiem) akan bisa membikin terobosan pendidikan di Indonesia. Saya juga memantau pernyataan-pernyataan beliau, saya kira bagus,” kata Bambang di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019).

Bambang meyakini Nadiem akan menggunakan keahliannya dalam bidang digital untuk proses pendidikan. Dia mendukung Nadiem dalam memimpin Kemendikbud.

“Ya kurikulum, ya metode pembelajaran, permasalahan guru, permasalahan proses pembelajaran. Itu beliau bisa memberikan terobosan karena beliau memang ahli di situ. Ahli bagaimana membikin proses pembelajaran menjadi digital,” terangnya.

Sistem pendidikan di Indonesia, menurut Bambang, merupakan salah satu tantangan yang terbesar di Indonesia. Bambang menilai perlu keterlibatan teknologi dalam menyelesaikan masalah di sistem pendidikan tersebut.

Baca Juga : Mahfud Md menantang Balik ICW Soal Perppu KPK

“Zaman sekarang menghadapi permasalahan sains begitu besarnya ya kan jumlah sekolah, jumlah guru kalau boleh dikatakan ini salah satu sistem pendidikan terbesar di dunia. Memang di situ teknologi sudah saatnya dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dan beliau memang ahlinya,” tuturnya.

Sebelumnya, kiritik sempat datang dari Ketua Dewan Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2018-2021, Prof Koentjoro. Koentjoro tak yakin Nadiem memahami persoalan perguruan tinggi saat ini.

 

Comments are closed.