250 Ribu Siswa Batam Akan Sikat Gigi bersama Sambut HKN

0
109
250 Ribu Siswa Batam Akan Sikat Gigi bersama Sambut HKN
250 Ribu Siswa Batam Akan Sikat Gigi bersama Sambut HKN

Batam, NAWACITA – Sebanyak 250 ribu siswa TK hingga SMA di Kota Batam, Kepulauan Riau, akan menyikat gigi bersama-sama, dalam menyambut Hari Kesehatan Nasional 2019.

“Untuk menyambut HKN 2019, kami berencana memecahkan rekor MURI, peserta sikat gigi terbanyak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Sabtu.
Dinkes bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Batam dan Provinsi Kepri untuk menyertakan anak didik dalam kegiatan puncak HKN tingkat kota setempat.

Rencananya sikat gigi massal itu dilaksanakan 11 November 2019. Kegiatan dipusatkan di MB 2 Batam. Sebanyak 5.000 peserta akan membersihkan gigi di mal. Dan sekitar 245 ribu siswa lainnya akan menyikat gigi di sekolah masing-masing.

“Nanti serentak kami gelar acaranya untuk mecahkan rekor MURI. Surat edaran untuk mengikuti kegiatan ini sudah kami kirim ke Disdik Kota dan Provinsi,” kata dia.
Ia berharap sikat gigi serentak itu mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan, terutama kebersihan gigi.

Baca juga: Apindo Harap Pemerintah Baru bangun Kepercayaan Pasar

HKN tahun ini mengambil tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul”. Sikat gigi massal diharapkan dapat menciptakan anak muda Indonesia yang sehat dan mumpuni.
Semoga dengan kegiatan positif ini meningkatkan kesadaran terhadap dunia kesehatan. Yang jelas tujuannya untuk menerapkan perilaku hidup sehat kepada masyarakat,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan Dinkes tengah mengupayakan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. Satu di antaranya dengan menambah fasilitas kesehatan, berupa puskesmas.

Pemerintah kini tengah membangun Puskesmas Mentarau yang akan beroperasi Tahun 2020. Kebutuhan puskesmas masih banyak. Untuk itu kami terus mengupayakan untuk menambah, agar seluruh masyarakat terlayani,” kata dia.