Prof. Yasonna H. Laoly mantan Kemenkumham RI periode 2014-2019, sore ini (pukul 14.54) kembali dipanggil di Istana oleh Presiden RI Jokowi
Masuk Kabinet Kerja Jilid II, Prof. Yasonna dipanggil Presiden ke Istana

Jakarta, NAWACITA – Jadi Menteri Lagi, Prof. Yasonna dipanggil Presiden ke Istana. Prof. Yasonna H. Laoly mantan Kemenkumham RI periode 2014-2019, sore ini (pukul 14.54) kembali dipanggil di Istana oleh Presiden RI Jokowi. (22/10/2019).

Baca Juga: Jihad Prof. Yasonna Laoly dalam RUU KUHP

Berbagai respon muncul terkait kedatangan Yasonna ke Istana. Ada yang menduga, bahwa dipanggilnya Yasonna ke Istana, sangat terkait dengan pemilihan Menteri di Kabinet Jilid II dalam Pemerintahan Jokowi.

Yasonna yang mengajukan pengunduran dirinya sebagai Kemenkumham pada 27 September 2019 yang lalu, sangat terkait dengan pelantikannya sebagai DPR RI periode 2019-2024 dari PDI Perjuangan dari Dapil I Sumatera Utara.

Keberadaan Yasonna sebagai Kemenkumham RI, memberi catatan sejarah sebagai seorang sosok yang sangat mulus dalam menjalankan kepemimpinanya. Yasonna menjadi orang pertama sejak zaman reformasi yang selama 1 periode penuh tetap bertahan sebagai Menkumham dan tidak mengalami resuffle.

Polemik RKUHP yang sempat mengundang reaksi publik, semakin menegaskan keberadaan beliau sebagai sosok yang konsisten dalam penegakan hukum di NKRI. Serta mau menunjukkan bahwa NKRI mampu memuat RUU sendiri yang sesuai dengan kearifan lokal yang senada dengan perjuangan Bangsa Indonesia.

Baca Juga: Resmi Dilantik, Prof. Yasonna Siap Mengemban Amanah Rakyat

Pemanggilan beliau ke Istana sore ini, sangat erat kaitannya dengan kinerja dan kredibilitas beliau dalam menjalankan tugasnya sebelumnya, sebagai Kementrian yang banyak menggondol prestasi terhadap pelayanan publik.

Prof. Yasonna kemungkinan besar diminta oleh Jokowi kembali, untuk bergabung melanjutkan perjuangan di Kabinet Jilid II, sebagai  Menkumham atau Jaksa Agung.

Terlepas bahwa ini sebagai sebuah kepastian yang sahih secara hukum, kita akan mengetahuinya secara langsung pada pengumuman resmi yang akan dilaksanakan esok (23/10/2019). Tetapi, satu yang pasti adalah bahwa Prof. Yasonna sudah dipanggil dan datang menghadap Presiden RI terpilih, Ir. Joko Widodo pada petang hari ini.

Baca juga :  Pilkada 2020, ASN Tidak Boleh Terlibat Konflik kepentingan Politik Praktis

Comments are closed.