KH Ma’ruf Amin: Khilafah Tidak Ada Tempat di Indonesia

0
6
KH Ma’ruf Amin : Khilafah Tidak Ada Tempat di Indonesia

Mataram, NAWACITA – Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara kesepakatan bukan negara Islam. Karena ini semua kata ulama tidak bertentangan dengan islam baik itu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Ini namanya konsensus nasional dan dalam bahasa agamanya disebut kesepakatan nasional. Saya lebih suka menyebutnya kesepakatan nasional,” kata, KH. Ma’ruf Amin, Jumat (11/10/2019) dalam tausiyahnya di Haul Syeh Nawawi Al Bantani di Ponpes Islahudiny Kediri Lombok Barat.

Baca Juga: Moeldoko: Syukuran Pelantikan Jokowi Secara Sederhana

“Jadi sudah selesailah tentang urusan negara ini. Makanya ketika orang mengatakan tentang khilafah, tanya saja kiyai khilafah itu islami atau tidak. Khilafah itu islami karena dulu ada khilafah utsmaniyah, khilafah abasiyah,” tambahnya.

Tapi lanjutnya, jangan diartikan bahwa islami adalah khilafah sebab itu tidak betul. Khilafah adalah islami tetapi islami tidak berarti khilafah.

“Kenapa, kerajaan juga islami buktinya apa, Saudi Arabia adalah kerajaan, keamiran juga islami buktinya apa, Kuwait, Qatar, Emirat disana juga islami. Republik juga islami, Indonesia republik dan Mesir juga republik, memang di Mesir enggak ada ulama? Banyak ulama – ulama Azhar,” paparnya.

Untuk itulah khilafah di Indonesia bukan di tolak namun tertolak. Artinya khilafah sejak awal tidak bisa masuk karena bangsa Indonesia sudah punya kesepakatan bahwa negara kita adalah Republik yakni NKRI.

Baca Juga: Jokowi Akui Susunan Kabinet Bisa Berubah Usai Bertemu SBY

“Jadi kenapa khilafah itu tertolak sebab menyalahi kesepakatan. Indonesia punya kesepakatan republik, jangan bawa – bawa khilafah disini dan kesepakatannya NKRI harga mati,” imbuhnya.

Untuk itulah tugas para ulama untuk terus menjaga negara ini supaya keadaan menjadi kondusif. Agama dijaga, ummat dijaga, negara dan bangsa dijaga sehingga Indonesia aman dan tentram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here