Pemkab Tangerang Hentikan Pembangunan Kios Tanpa IMB di Balaraja

0
179
Pemkab Tangerang Hentikan Pembangunan Kios Tanpa IMB di Balaraja
Pemkab Tangerang Hentikan Pembangunan Kios Tanpa IMB di Balaraja
Tangerang, NAWACITA– Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menghentikan pembangunan kios tanpa mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang berada di sekitar Pasar Sentiong, Kecamatan Balaraja.

“Kami sudah meminta pengusaha untuk tidak melanjutkan proyek bangunan sebelum mengurus perizinan,” kata Camat Balaraja, Yayat Rohimat di Tangerang, Kamis.

Yayat mengatakan pihaknya telah menugaskan aparat Bagian Trantib untuk mengecek ke lokasi dan ternyata pengusaha hanya mendapatkan izin dari lingkungan sekitar bukan IMB.

Dia mengatakan bila pengusaha membangun kios harus dilengkapi IMB sesuai dengan Perda Nomor 6 Tahun 2011.

Menurut dia, setiap pengusaha yang membangun apalagi kios komersil harus melalui prosedur, yakni mengurus IMB dan semua persyaratan supaya dipenuhi.

“Jangan hanya mendapatkan izin lingkungan sekitar kemudian membangun kios, ini dianggap telah menyalahi aturan,” kata mantan Camat Tigaraksa dan Kelapa Dua, Tangerang itu.

Pihaknya melaporkan masalah tersebut kepada instansi terkait seperti Satpol PP dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Tangerang.
Baca juga: Kodam XII/TPR Siap Bersinergi dengan Kanwil Kemenkumham Kalbar

Demikian pula pihaknya melaporkan hal itu kepada pimpinan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Niaga Kerta Raharja sebagai pengelola pasar setempat.

Dia mengatakan jika pengusaha tersebut masih tetap melanjutkan pembangunan kios maka akan berhadapan dengan Satpol PP sebagai penegak Perda.

Hal tersebut karena seorang pengusaha membangun kios permanen di pinggir Jalan Raya Kresek, Desa Saga, Kecamatan Balaraja di depan Pasar Sentiong.

Sedangkan informasi keberadaan bangunan tersebut diperoleh dari warga dan melaporkan ke aparat kantor Camat Balaraja lalu ditindaklanjuti.

Yayat menambahkan pengusaha PT CRS harus mengurus perizinan dan menghentikan semua kegiatan proyek sebelum IMB turun, bila tidak akan ada tindakan tegas dari Satpol PP