Pagi Ini Yasonna Laoly Dikukuhkan Sebagai Profesor

0
853

Jakarta,NAWACITA-Setelah sempat menghadap Wakil Presiden Jusuf Kalla dan mengundangnya untuk hadir di pengukuhan sebagai profesor beberapa waktu lalu, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly hari ini, Rabu (11/10) akan dikukuhkan secara resmi dalam sidang senat terbuka. Acara pengukuhan diadakan di Auditorium Mutiara STIK PTIK, Jalan Tirtayasa Raya 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hal itu bisa dilihat dari undangan yang disebar Yasonna ke sejumlah rekan dan sahabat.

Sebelumnya, Yasonna menerima surat keputusan gelar profesor yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi,Dr. Ainun Na’im, Rabu (24/7/19) di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta.

Yasonna mendapat gelar profesor berdasar keputusan Menristek dan Pendidikan Tinggi RI No. 25458/M/KP/2019 yang ditanda tangani Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi RI,Mohamad Nasir. Hal ini menimbang dari persyaratan bahwa Yasonna sudah memenuhi kriteria untuk diangkat dalam jabatan Profesor.

Yasonna menamatkan gelar sarjananya di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara tahun 1978. Ia kemudian melanjutkan pendidikan masternya di  Virginia Commonwealth University, Amerika Serikat dan lulus tahun 1986. Sementara gelar strata tiganya di raih di North Carolina University, Amerika Serikat tahun1994.

Memulai karir sebagai pengacara dan  penasehat hukum  dari 1978-1983, kemudian menjadi pembantu dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen pada kurun 1980-1983. Karirnya meningkat sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen (1998-1999) dan peneliti di NCSU pada tahun 1992-1994. Yasonna juga sempat menjadi Asisten Riset Departemen Sosiologi and Antropologi di NCSU. Sejak tahun 2000 hingga saat ini Yasonna masih menjadi dosen hingga meraih gelar profesor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here