Jokowi ajak Para Tokoh Papua untuk Diskusi dalam Waktu Dekat

0
111
Jokowi ajak Para Tokoh Papua untuk Diskusi dalam Waktu Dekat
Jokowi ajak Para Tokoh Papua untuk Diskusi dalam Waktu Dekat

Jakarta, NAWACITA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjanji segera bertemu dengan tokoh adat hingga tokoh agama di Papua. Hal ini menyusul persoalan Papua belakangan ini yang berujung rusuh dan anarkis (30/8/2019).

Menurut Jokowi, dirinya sudah berusaha untuk melakukan pertemuan dengan para tokoh di Papua itu. Namun, waktunya saja yang masih belum memungkinkan. Untuk itu, Jokowi menjanjikan pertemuan itu akan dilakukan secepatnya.

“Sebetulnya minggu ini kita rencanakan tapi masih belum memungkinkan sehingga akan kami lakukan dalam waktu yang secepatnya untuk bisa bertemu, baik tokoh muda, baik tokoh adat, baik tokoh masyarakat dan tokoh agama,” ujar Jokowi dalam keterangan pers di Alun-alun Purworejo, Jawa Tengah, Kamis Malam 29 Agustus 2019.

Terkait pendekatan keamanan terhadap masyarakat Papua selama ini, Jokowi mengaku akan terus mengevaluasi. Namun, tindakan tegas kepada pelaku anarkis tetap diinstruksikan kepada seluruh institusi penegak hukum.

“Ya semuanya akan kami evaluasi,” katanya.

Jokowi juga meminta agar masyarakat tidak melakukan tindakan-tindakan yang anarkis. Jokowi mengaku juga telah memerintahkan Menkopolhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan untuk mengambil tindakan tegas kepada siapapun yang melanggar hukum (VVC).

“Tadi malam saya perintahkan ke Menkolpulhukam bersama Kapolri, Kabin, dan Panglima TNI, untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis serta rasialis,” ujarnya.

Jokowi pun menyampaikan bahwa Pemerintah akan terus berkomitmen memajukan Papua di bidang fisik maupun sumber daya manusia (SDM).

“Agar kita semua, khususnya mama-mama, pace, mace, anak-anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera,” kata Jokowi.

Kepala Negara pun mengajak semua pemangku kepentingan di Papua untuk menjaga agar tanah Papua tetap menjadi sebuah wilayah yang damai. Pihak Pemerintah akan terus mengevaluasi keamanan di wilayah Papua tersebut.

“Saya mengajak kepada semua ketua dan tokoh adat, ketua, tokoh agama, kaum muda Papua untuk mewujudkan Papua yang maju dan tetap damai. Sekali lagi mari kita jaga tanah Papua sebagai tanah yang damai,” kata Jokowi.