Menkumham Yasonna Laoly, Jenderal Bahagia Dachi, Kepala Daerah & Mayoritas Ketua DPD HIMNI Meminta Marinus Gea Menjadi Ketua Umum HIMNI lagi

0
251
Menkumham Yasonna Laoly, Jenderal Bahagia Dachi, Kepala Daerah & Mayoritas Ketua DPD HIMNI Meminta Marinus Gea Menjadi Ketua Umum HIMNI lagi
Menkumham Yasonna Laoly, Jenderal Bahagia Dachi, Kepala Daerah & Mayoritas Ketua DPD HIMNI Meminta Marinus Gea Menjadi Ketua Umum HIMNI lagi

Bogor, NAWACITA – Salah satu agenda paling penting dalam Munas V HIMNI 2019 ini adalah suksesi kepemimpinan dalam bentuk pergantian pengurus di DPP HIMNI. Tadi malam, tepat pukul 24.00 WIB, tanggal 23 Agustus 2019, kepengurusan DPP HIMNI periode 2015-2019, dinyatakan demisoner (24/8/2019).

Sesuai dengan agenda, transisi kepemimpinan baru akan digelar hari ini, tepatnya pada pukul 12.00 WIB. Sejak tadi tadi malam, peserta sudah dibagi dalam beberapa kelompok untuk melaksanakan pleno penjaringan calon kandidat pemegang pucuk kepemimpinan HIMNI periode 2019-2023.

Dari hasil pleno yang sudah terlaksana, sudah mulai mengerucut nama calon dan kandidat yang diunggulkan akan memimpin organisasi besar masyarakat Nias ini selama 4 tahun ke depan. Namun, nawacitapost.com belum diberitahu secara rinci dan detil siapa saja yang mereka maksud.

Menurut beberapa keterangan tokoh masyarakat Nias yang sempat dihubungi oleh awak nawacitapost, diantaranya Menkumham Prof. Yasonna Laoly, Jenderal Bahagia Dachi, Kepala Daerah Kepulauan Nias dan Ketua-ketua DPD HIMNI se Indonesia. Pada umumnya, mereka mengatakan bahwa Marinus Gea adalah sosok representatif yang mampu dan sudah terbukti menahkodai HIMNI dengan segala gebrakan dan program-progam pembangunan masyarakat kepulauan Nias.

“Marinus Gea sudah terbukti mampu membesarkan HIMNI hingga sejajar dengan organisasi besar dalam skala nasional. Kalau beliau masih berkenan, dan kami berharap beliau tidak keberatan untuk tidak menolak jika diminta untuk satu periode lagi, agar HIMNI semakin kokoh fondasinya sebagai rumah pencipta kader generasi Nias ke depannya” ucap Ir. Lakhomizaro Zebua (Walikota Gunungsitoli)

Hal senada juga dikatakan oleh Bahagia Dachi ketika dihubungi melalui seluler. “Kepemimpinan HIMNI yang sekarang yang penuh prestasi, hendaknya diteruskan. Banyaknya calon ketua umum HIMNI merupakan angin segar bagi organisasi sebesar HIMNI dan ini hal yang wajar terjadi. Mengingat HIMNI saat ini sudah besar dan seksi, memimpin organisasi HIMNI tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, maka Marinus Gea adalah sosok yang palin tepat untuk itu” kata Bahagia.

Menkumham RI, Yasonna Laoly, saat ditemui di kantornya di Jakarta pada 25 Juli 2019, beliau mengatakan kalau beliau (Marinus Gea) berkenan kembali memimpin organisasi Ono Niha ini, yah… kita dukung. Intinya dia bersedia dan kita berharap demikian, sambil diringi senyum sumringah.

Pernyataan dan dukungan suksesi kepemimpinan di HIMNI ke tangan Marinus, tetap mengalir, termasuk dari Ketua-Ketua DPD HIMNI. “Tidak adalah salahnya, kita percayakan kepada Marinus Gea untuk kembali membangun HIMNI ini menjadi lebih besar, apalagi 2 program besar sudah mulai mendapat bentuknya yang ideal. Agar tetap berkesinambungan, kita percayakan saja kepada beliau, kan gak ada salahnya… Jokowi aja dua periode, kata seorang Ketua DPD HIMNI yang tak mau disebutkan namanya sambil menyalam awak nawacitapost.com.