Ini Syarat Pengurusan Jika Kehilangan Surat Kendaraan

25
712

Jakarta, NAWACITA- Kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) merupakan hal yang sering  membuat pemilik kendaraan panik. STNK hilang sering terjadi dan biasanya bersamaan dengan dompet atau tas yang hilang karena kita sering membawa STNK saat bepergiaan.

Namun jika sampai STNK kendaraan hilang, pemilik kendaraan diwajibkan untuk membuat STNK yang baru untuk mematuhi aturan dalam berkendara serta sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut memiliki surat-surat yang menunjukan hak kepemilikan.

Apalagi STNK merupakan surat kendaraan yang sangat penting terutama bila ada razia.  Namun demikian, tak perlu panik atau bersusah hati karena STNK yang hilang masih bisa diganti dengan yang baru,  tapi syaratnya harus terpenuhi sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Pembuatan STNK yang baru ternyata tidak sulit, karena hanya dengan melengkapi enam syarat berikut kamu bisa mengajukan pembuatan STNK baru :

  1. Surat keterangan kehilangan STNKdari kepolisian (Polsek atau Polres setempat)
  2. KTP pemilik kendaraan(asli dan fotokopi)
  3. BPKB (asli dan fotokopi) atau surat keterangan dari Leasing
  4. Surat Keterangan Penyiaran Radio atau Bukti Pembuatan Iklan Media Cetak
  5. Cek Fisik Kendaraan di Kantor Samsat Terdekat
  6. Legalisir surat kehilangan di kantor Min Lantas yang menerangkan bahwa STNKtidak dalam masa tilangan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Divisi Humas Polri dalam postingan Instagram akun resmi @divisihumaspolri.

Setelah enam syarat tersebut kalian penuhi maka pembuatan STNK bisa di proses, tapi kalian juga harus melunasi biaya administrasi pembuatan STNK.

Setiap kendaraan memiliki perbedaan biaya administrasi pembuatan STNKnya, jadi untuk masalah biaya administrasi kalian bisa langsung bertanya ke samsat terkait.

 

Comments are closed.