H-7 Jakarta ke Yogyakarta Bus Tempuh 13 Jam

6
222

Jakarta, NAWACITA- Bus yang mengantar penumpang pada H-7 dari Jakarta ke Yogyakarta butuh waktu 13 jam untuk sampai ke titik tujuan tersebut.

Perjalanan ini ditempuh oleh bus rombongan Transmedia dalam kegiatan Mudik Kita Bersama 2019, Rabu (29/5/2019).

Selama 13 jam perjalanan ditempuh bus dengan kecepatan 70, 80, dan sesekali 100 km/jam. Ada waktu istirahat perjalanan tiga kali, saat bus berhenti sejenak, masing-masing sekitar 20 hingga 30 menit, termasuk saat berbuka puasa.

Bus berangkat dari gedung Transmedia, Jl Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, pukul 10.50 WIB. Selanjutnya, bus memasuki Tol Jakarta-Cikampek. Lalu lintas ramai-lancar. Bus melaju dengan kecepatan sekitar 80 km/jam.

Bus keluar dari Gerbang Tol Cikampek Utama 1 pukul 12.27 WIB. Antrean kendaraan juga belum terlalu panjang.

Selanjutnya, bus mengaspal di Tol Cipali. Di sini, lalu lintas cenderung lebih lancar. Sesekali ruas jalanan terlihat benar-benar lowong, bus bisa melaju dengan kecepatan 100 km/jam.

Bus berhenti dulu di rest area Km 166 Tol Cipali selama 20 menit. Hujan turun. Perjalanan kembali dilanjutkan hingga keluar Gerbang Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah, pukul 15.20 WIB.

Bus menempuh jalan nontol, melewati Bumiayu, Purwokerto, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, dan Purworejo. Bus melaju dengan kecepatan rata-rata 70 hingga 80 km/jam. Jalanan tak macet.

Jalur Prupuk-Bumiayu, yang sering macet saat mudik, kini masih lengang. Permukaan jalan sudah diperkeras dengan cor dan aspal mulus. Bus berhenti sejenak menurunkan penumpang berbuka puasa di Bumiayu, sekitar 30 menit.

Setelah melewati Yogyakarta International Airport di Kulon Progo dengan lancar, bus mulai memasuki Ring Road Selatan, Bantul. Bus sampai di tujuan terakhir, Terminal Giwangan, Yogyakarta, pukul 00.50 WIB. Jadi total perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta di H-7 adalah sekitar 13 jam.

Sumber: Detik

Comments are closed.