Dinkes Sumedang Siagakan Tim Kesehatan Bagi Pemudik

7
198

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumedang menyiapkan puskesmas sebagai pos pelayanan kesehatan dan keselamatan pemudik.Dinkes juga menyiagakan tim gerak cepat (TGC) dan 119 layad rawat.

Pelayanan kesehatan ini untuk mengnatisiasi terjadinya kegawat daruratan. Kegiatan posko kesehatan dilakukan mulai 29 Mei sampai 13 Juni.

Puskemas harus tetap bersiaga saat Lebaran 2019 ini karena dikhawatirkan terjadi kejadian luar biaya (KLB) yang butuh penanganan cepat.

“Selain menyiapkan posko kesehatan, Dinas Kesehatan juga memiliki TGC dan 119 Layad Rawat yang bisa diakses warga yang membutuhkan bantuan kesehatan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumedang, dr Reni Anton, Selasa (28/5/2019).

Ia mengatakan TGC berfungsi memperkuat kapasitas Dinkes dalam mencegah, mendeteksi, dan merespons munculnya kedaruratan kesehatan masyarakat atau krisis kesehatan.

“TGC disiapkan untuk menghadapi berbagai macam penyakit menular berpotensi wabah guna mencegah dan menanggulangi terjadinya KLB, wabah, serta bencana,” kata Reni.

Ia menambahkan, saat Lebaran biasanya banyak warga yang tidak mengontrol asupan makanan. Biasanya saat Lebaran penyakit yang diderita warga karena gangguan pencernaan.

“Saat Lebaran ini segala makanan ada dan langsung dimakan. Bahkan bisa saja terjadi keracunan makanan,” katanya.

Reni meminta meminta pascapuasa, warga masyarakat tetap berpola makan sehat dan bergizi.

“Karena sudah puasa biasanya segala makanan dimakan. Seharusnya masyarakat tetap menjaga pola makan sehat,” katanya.

Saat ini, Dinkes juga sudah memiliki tim Layad Rawat 119. Warga masyarakat yang memiliki keterbatasan mobilitas, kesulitan transportasi dan keluarga tidak mampu bisa menghubungi nomor telepon 119.

Dokter dan perawat akan datang ke rumah warga untuk memberikan pelayanan kesehatan.

 

 

 

Comments are closed.