Minarni Soedarjanto, Legenda Pebulu Tangkis Indonesia Jadi Google Doodle Viral

7
189

Jakarta, NAWACITA – Setiap harinya, Google dipastikan memajang tokoh atau peristiwa penting di laman utama pencariannya.

Pada hari ini, Jumat (10/5/2019), Google Doodle memajang ilustrasi legenda pebulu tangkis wanita asal Indonesia, yakni Minarni Soedarjanto.

Nama Minarni Soedarjanto mendadak menjadi perbincangan publik lantaran sosoknya muncul di Google Doodle di halaman pencarian.

Google Doodle hari ini memberi kehormatan kepada Minarni Soedarjanto, sosok legenda pebulu tangkis wanita Indonesia.

Penghargaan itu diberikan Google Doodle dalam rangka menyambut ulang tahun ke-75 Minarni Soedarjanto.

Lalu, sebenarnya siapa sosok Minarni Soedarjanto hingga Google Doodle memberikan penghargaan kepadanya?

Minarni sudah memulai bertanding pada usia 13 dan memenangkan gelar pertamanya di Kejuaraan Nasional 1959 di Malang, pada saat itu dirinya masih berusia 15 tahun.

Pada tahun yang sama, ia dipilih untuk masuk ke dalam tim nasional Indonesia, dan bersaing di turnamen bulu tangkis wanita kelas dunia, yaitu Piala Uber, demikian yang dikutip dari laman Google Doodle, Jumat (10/5/2019).

Meskipun Indonesia kalah pada 1960, Minarni memenangkan gelar tunggal dan ganda selama bertahun-tahun, termasuk kemenangan bersejarah dalam turnamen All England.

Dipasangkan dengan Retno Koestijah, Minarni memenangkan gelar All England pertama bagi Indonesia pada 1968.

Minarni mewakili Indonesia pada kejuaraan All England 1968 bersama pebulu tangkis hebat lain seperti Rudy Hartono, Ang Tin SIang, dan Retno Kustiyah.

Kala itu, Minarni meraih medali perak tunggal putri dan meraih juara pada nomor ganda bersama Retno Koestijah. Ia juga berhasil menjadi juara di US Open 1969 dan Canada Open di tahun yang sama.

Sedangkan Rudy Hartono berhasil membawa pulang gelar juara dan Muljadi meraih medali perunggu.

Bertanding di All England, Minarni menjadi pebulu tangkis putri Indonesia pertama yang berhasil tembus ke babak final kejuaraan tersebut.

Prestasi lainnya berhasil dicatatkan Minarni kala mewakili Indonesia dalam ajang Piala Uber 1975 di Jakarta.

Tim Indonesia yang diperkuat oleh Theresia Widiastuti, Imelda Wigoena, Utami Dewi, Tati Sumirah, Minarni Soedaryanto, dan Regina Masli berhasil mempersembahkan Piala Uber pertama untuk Indonesia usai mengalahkan Jepang di final dengan skor 5-2.

Terima kasih dan selamat ulang tahun ke-75, Minarni Soedarjanto!

Comments are closed.