Garuda Targetkan Pemasangan Wifi 30 Pesawat Hingga Akhir Tahun 2019

0
195

Jakarta, NAWACITA – Manejemen maskapai nasional Garuda Indonesia menjelaskan keputusannya untuk menggandeng PT Mahata Aero Teknologi dalam penyediaan fasilitas wireless fidelity (wifi) dalam pesawat. Garuda Indonesia grup akan memasang layanan wi-fi di 30 armada pesawatnya hingga akhir tahun 2019.

Direktur Teknik Garuda Indonesia Iwan Joeniarto mengatakan, layanan wi-fi tersebut akan dipasang di pesawat Garuda Indonesia, Citilink, dan Sriwijaya Air.

“Tahun ini Citilink akan ada 15 pesawat yang dipasang, ada sekitar 4 sampai 5 pesawat Garuda jenis A330 yang akan dipasang dan sudah ditargetkan 10 pesawat (Boeing) 737 punya Garuda juga,” ujar Iwan di Tangerang, Rabu (8/5/2019).

Untuk memasang wi-fi sebut Iwan, dibutuhkan izin dari otoritas internasional, seperti Federal Aviation Administration (FAA) dari Amerika Serikat dan Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA).

“Saat ini yang sudah dapat izin itu semua jenis Airbus baik 330 dan 320, jadi semua siap dipasang. Memang baru satu A320 yang dipasang tetapi kedepan kita sudah pastikan,” kata Iwan. Untuk armada Boeing yang dimiliki Garuda belum mendapat izin pemasangan wi-fi.

Sementara itu Direktur keuangan dan Manajemen Risiko GIAA, Fuad Rizal menyampaikan, kerjasama selama 15 tahun dengan Mahata tersebut akan memberi kompensasi kepada persero senilai US$ 241,9 juta.

“Kerjasama itu akan memberi manfaat besar dan dengan transaksi tersebut akan mengalir ke GIAA,” tandasnya.