Sore Ini, Pasangan Gubernur Jatim Terpilih Khofifah-Emil Dardak Dilantik

0
252

Jakarta NAWACITA – Sore ini, Rabu (13/2) pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk memimpin Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa – Emil Elestianto Dardak bakal dilantik.

Presiden Jokowi diagendakan melantik Khofifah dan Emil menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) periode 2019-2024 ini di Istana Negara.

Pelantikan baru baru dilakukan hari ini, sebab, masa bakti gubernur dan wagub sebelumnya Soekarwo – Gus Ipul baru berakhir Selasa (12/2) kemarin.

Agenda pelantikan sore nanti, usai dilantik, keduanya akan anjang sana ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga BPK untuk mengedepankan prinsip clean govermance yang akan diterapkan di Jawa Timur.

“Kami akan bahas konsep pencegahan korupsi agar ASN di Jawa Timur bisa kerja lebih aman,” tutur mantan Menteri Sosial ini usai menghadiri acara perpisahan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (11/2/2019) malam.

Kemudian, keduanya dijadwalkan kembali ke Jawa Timur menuju ke Masjid Al Akbar Surabaya. Baik Khofifah maupun Emil ‎akan melakukan sujud syukur bersama sekaligus awalan menjalankan tugas pemerintahan Jawa Timur.

Selanjutnya, Khofifah dan Emil akan jalan ke Tugu Pahlawan menyampaikan pidato kerakyatan. Baru setelah itu mereka ke Grahadi melanjutkan serangkaian acara mulai dari hatam alquran hingga santunan anak yatim.

Sekilas tentang rekam jejak Khofifah, politisi senior PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) ini sebelum menjadi Menteri Sosial diera Jokowi, ia pernah diangkat menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan oleh Presiden Gus Dur pada 1999-2001.

Pilgub Jatim 2018 lalu bukan lah yang pertama diikuti Khofifah. Pada pertengahan 2013, Khofifah sempat mengikuti Pemilu Gubernur Jawa Timur. Saat itu, ia menggandeng Herman Suryadi Sumawiredja. Namun, Khofifah dinyatakan tak lolos oleh Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur.

Pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2014, Jokowi yang waktu itu maju menggandeng Jusuf Kalla menunjuk Khofifah sebagai juru bicara tim pemenangan.

Kemudian, Jokowi menunjuk Khofifah sebagai Menteri Sosial setelah ia memenangkan Pilpres 2014. Dalam perjalannya, Khofifah mundur karena berlaga di Pemilihan Gubernur Jawa Timur.