Dilantik Jokowi di Istana, Khofifah – Emil Dardak Resmi jadi Gubernur dan Wagub Jatim

0
207

Jakarta NAWACITA – Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih hasil pilgub 2018,

Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu (13/2) sore.

Selain Khofifah, sore tadi Jokowi juga melantik Gubernur Jambi Fachrori Umar.

Pengangkatan Khofifah dan Emil untuk memimpin Jatim periode 2019-2024 tersebut melalui Keputusan Presiden Nomor 2/P Tahun 2019 Tanggal 8 Januari 2019 tentang pengesahan dan pengangkatan gubernur dan wakil gubernur.

Sementara Fachrori dilantik sendiri setelah beberapa waktu menjabat sebagai Plt Gubernur Jambi. Ia diangkat sesuai Keputusan Presiden Nomor 16/P Tahun 2019 tanggal 12 Februari 2019 tentang pengesahan dan pengangkatan gubernur. Fachrori resmi sebagai Gubernur Jambi menggantikan Zumi Zola yang kini menjadi terpidana karena terjerat kasus korupsi.

Disaksikan sejumlah menteri kabinet, dan para tamu undangan kehormatan, Presiden Jokowi mengucapkan sumpah diikuti mereka yang dilantik.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil adilnya,” kata Khofifah, Emil, dan Fachrori mengikuti Presiden.

Di kesempatan itu, Presiden Jokowi meminta para kepala daerah memegang teguh UUD 1945. Para kepala daerah juga diminta menjalankan perintah undang-undang dan peraturan yang berlaku.

“Dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata tiga kepala daerah itu mengikuti Presiden.

Diketahui, Khofifah dan Emil terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur setelah mengalahkan pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Sukarno. Khofifah dan Emil menggantikan posisi Soekarwo yang purnatugas kemarin.

Khofifah menjadi satu-satunya gubernur perempuan aktif di Indonesia saat ini. Ia akhirnya menduduki posisi itu setelah mencoba peruntungan dalam tiga kali pilkada.

Sementara Fachrori Umar merupakan Wakil Gubernur Jambi selama dua periode, 2010-2015 dan 2016-2018.

Pelantikan juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan sejumlah menteri kabinet, seperti Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Hadi juga Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Jaksa Agung M Prasetyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.