Debat Pertama Capres Dijadwalkan 17 Januari, Ini Moderatornya

0
177

Jakarta NAWACITA – Menjelang hajat besar pemilihan presiden 2019 tiga bulan ke depan, beberapa tahapan Pemilu sudah dilaksanakan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) sebagai penyelenggara Pemilu. Tinggal tahapan yang paling sering ditunggu-tunggu, yakni debat kandidat.

Debat pertama capres dan cawapres pada Pilpres 2019 antara Joko Widodo-Ma’ruf Amin vs Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan dilaksanakan pada Kamis 17 Januari 2019 mendatang. Acara debat ini akan disiarkan secara live atau langsung di lima stasiun televisi, yakni TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV.

Dilansir dari akun instagram KPU_RI, Ira Koesno dan Imam Priyono akan menjadi moderator Debat I Pasangan Calon Presiden & Wakil Presiden Pilpres 2019, Kamis 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara Jakarta.

Namun, untuk durasi Debat Pertama masih akan dibahas KPU bersama Media Penyelenggara Penyiaran dan Tim Kampanye Paslon.

Jelang Debat pertama capres dan cawapres 2019, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto menyebut, Jokowi dan Ma’ruf sudah mempersiapkan diri menghadapi sesi pertama debat Pilpres 2019. Debat Pilpres 2019 akan digelar sebanyak lima kali, dan debat pertama rencananya digelar pada 17 Januari 2019.

“Debat sudah dipersiapkan dengan baik, terlebih kepemimipinan Pak Jokowi yang muncul dari bawah mulai dari wali kota, gubernur, sebagai Presiden,” kata Ketua KPU RI, Arief Budiman.

Arif menegaskan debat kandidat Pilpres 2019 adalah ajang adu program dan kebijakan yang akan dilakukan jika terpilih sebagai presiden dan presiden. Ia meminta peserta debat untuk tak memanfaatkan debat Pilpres 2019 ini sebagai ajang saling serang.

Arief berharap debat itu dimaksimalkan sebagai sarana debat kandidat untuk menjelaskan visi-misi sebagai calon presiden dan wakil presiden. Dengan melihat debat ini, lanjutnya, masyarakat lebih mengetahui sosok pasangan calon pemimpin yang akan dipilih.

“Masyarakat tahu betul siapa presiden dan wakilnya serta akan melakukan apa,” katanya.

Untuk diketahui, skema debat kandidat pasangan capres-cawapres Pemilu 2019 adalah sebagai beriukut:

Jadwal debat :
#Debat ke 1 antar capres-cawapres (17 Januari 2019)
#Debat ke 2 antar capres (17 Februari 2019)
#Debat ke 3 antar cawapres (17 Maret 2019)
#Debat ke 4 antar capres (30 Maret 2019)
#Debat ke 5 antar capres-cawapres (masih tentatif)
Lembaga Penyiaran:
Debat 1 TVRI, RRI, Kompas TV dan RTV
Debat 2 MNC Group
Debat 3 Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia
Debat 4 Metro TV, SCTV, Indosiar
Debat 5 TV One, ANTV, Berita Satu dan Net TV