Terletak Di Kawasan Cincin Api Pasifik, Indonesia Rawan Gempa dan Tsunami

1
217

Jakarta, NAWACITA– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerangkan bahwa posisi Indonesia menjadi salah satu negara yang berada dalam kawasan Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik .

Dengan kondisi ini, maka beberapa daerah di Indonesia memiliki potensi gempa, tsunami dan aktifnya gunung-gunung berapi. Letak Indonesia berada pada titik pertemuan lempeng-lempeng tektonik dunia.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Gempa Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono bahwa Indonesia terletak di kawasan Ring of Fire bersama dengan negara Selandia Baru, Filipina, Jepang, Alaska, Meksiko dan Guatemala.

Jalur sumber gempa di antaranya meliputi Aceh, Pulau Sumatera ke arah barat di antaranya Nias, Mentawai, dan barat Enggano.

Terus ke selatan Jawa, terus lurus ke selatan Nusa Tenggara sampai masuk ke wilayah Maluku. Sama juga kalau dari atas itu mulai dari Jepang, Filipina, ke bagian utara Sulawesi di sana, itu daerah-daerah rawan gempa, tutur dia.

Sepanjang 2018, ada lima daerah di Indonesia dilanda gempa besar. Misalnya gempa 6,1 SR di Banten pada 23 Januari 2018. Kemudian gempa Banjarnegara, Solok, Lombok hingga lindu menggoyang Sulawesi Tengah disusul gelombang tsunami pada 28 September.

 

 

(Red: Daril, sumber Okezone)