Dewan Pers: Pers Menjadi Penghubung Komunikasi Antara Pemerintah dan Masyarakat

53
177
Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo

Lampung, NAWACITA– Pers harus menjadi jembatan komunikasi positif dan objektif antara pemerintah dan masyarakat demi kepentingan kemakmuran warga, kata Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo.

“Pers diharapkan mampu menjembatani komunikasi positif antara pemerintah dengan masyarakat,” katanya dalam keterangan tertulis di Lampung, Jumat, (24/8).

Ia mengatakan terkait dengan kerja sama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) dan Dewan Pers untuk pelaksanaan seminar dan lokakarya “Bakti Untuk Negeri, Penguatan dan Pemberdayaan Ekosistem Pers Melalui Ketersediaan Infrastruktur Telekomunikasi dan Informasi” di Bandarlampung, Jumat.

Berbagai upaya pemerintah, kata dia, dapat dikomunikasikan secara objektif dan dimanfaatkan untuk mencapai sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat.

Ia mengatakan pers juga berfungsi sebagai kritik membangun atas pelaksanaan fungsi pemerintahan, sesuai dengan amanah rakyat.

Dewan Pers melibatkan humas pemerintah sebagai kanal informasi pemerintah di tingkat daerah untuk meningkatkan ekspose informasi atas perkembangan program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah pusat.

Berdasarkan Pasal 15 Ayat (2) UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers tugas Dewan Pers, antara lain melakukan pengkajian untuk pengembangan kehidupan pers dan mengembangkan komunikasi antara pers, masyarakat, dan pemerintah.

Dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsinya itu, Dewan Pers bekerja sama dengan BP3TI melakukan lokakarya dan sosialisasi melalui program dengan tajuk “Bakti Untuk Negeri: Pengembangan Eksosistem Pers Melalui Pembangunan Infrastruktur IT”.

Kegiatan itu di 34 provinsi di Indonesia, antara lain untuk meningkatkan fungsi dan peran pers dalam perkembangan kehidupan demokrasi di Indonesia.

 

(Red:Bee, sumber Antara)

Comments are closed.