Wapres JK dan Menteri Yasonna Serahkan Penghargaan WIPO ke Intelektual Berprestasi

53
220

 

Jakarta, NAWACITA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan kekayaan intelektual kepada sejumlah tokoh dan BUMN yang berhasil mengembangkan inovasi dan teknologi untuk kemajuan hidup masyarakat.

 

Dalam acara yang digelar di Istana Wakil Presiden Jakarta, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mendampingi Wapres Jusuf Kalla saat membuka hari peringatan HAKI.

 

“Kemajuan suatu bangsa tidak lepas dari inovasi, kreativitas dan kerja keras masyarakatnya, ilmuwan, pengusaha dan kita semua. Tanpa inovasi dan kerja keras, tidak mungkin kita capai suatu masyarakat yang maju seperti ini”, terang Wapres Jusuf Kalla dalam sambutanya.

 

ke depan kata Wapres, orang sudah berpikir menjalankan revolusi industri keempat, yang lebih berdasarkan kepada industri digital dan robotik. Dan modal dari semua itu adalah inovasi.

 

Selain Menkumham Yasonna Laoly, nampak hadir Sekretaris Jenderal Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto, Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Freddy Harris serta seluruh pejabat eselon I lainnya di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

 

Dalam Peringatan Hari KI Sedunia itu, Wapres menyerahkan penghargaan “World Intellectual Property Organization (WIPO) Medal for Inventors” kepada Raymond Rubianto Tjandrawinata, yang  merupakan seorang peneliti bidang obat-obatan yang berbasis sumber daya alam di Indonesia, seperti tanaman herbal, hewan dan tanah.

 

Penghargaan kedua diserahkan kepada Dwiki Dharmawan berupa anugerah WIPO Medal for Creativyty, karena dedikasinya yang tinggi dalam upaya penegakan hukum HKI.

 

Selanjutnya ketiga, PT Pertamina (Persero) mendapatkan WIPO IP Enterprise Trophy karena dianggap mendukung pekerjanya untuk berinovasi.

 

Keempat adalah Muhammad Farid Husein yang menerima WIPO Schoolchildren’s Trophy. Siswa SMAN 1 Ponorogo ini menjadi pemenang dalam lomba desain medali untuk Youth Olympic 2018 yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2018 di Argentina dan mengalahkan 300 peserta lainnya dari seluruh dunia.

 

Terakhir adalah Marvel Gracia yang menerima Anugerah Nasional KI untuk Kategori Siswa Inovatif dan Kreatif di bidang Hak Cipta dan Hak Terkait.

 

 

 

(Red: Bee, sumber Kemenkumham)

Comments are closed.