Nyak Sandang Temui Jokowi, Pembeli Pesawat RI Pertama

11
174
Keterangan: Presiden Joko Widodo berfoto dengan Nyak Sandang dan kedua anaknya di Istana Negara (22/03)

Jakarta, NAWACITA- Nyak Sandang Pelaku sejarah pembelian pesawat pertama Indonesia diterima Presiden Joko Widodo di Istana negara kemarin sore bersama dua anaknya, Rabu (22/03).

 

Tamu istimewa Presiden ini merupakan salah satu warga Aceh yang ikut berpatisipasi menyumbangkan hartanya untuk membeli moda transportasi udara bagi Indonesia setelah Kemerdekaan.

 

Sebagai kaum muda Indonesia kala itu. Di usia ke 23 tahun, Ia berani menjual sepetak tanah dan 10 gram emas seharga Rp 100 saat itu. Nyak Sandang memberikan uang itu kepada Presiden Soekarno pada 1948. Presiden Pertama RI itu tengah mencari dana untuk membeli pesawat pertama Indonesia.

 

Hasil sumbangan Nyak Sandang dan warga Aceh, Indonesia memiliki dua pesawat terbang yang diberi nama Seulawah R-001 dan Seulawah R-002. Dari sejarah pembelian pesawat tersebut, maka lahirnya Garuda Indonesia Airways.

 

Dihadapan Jokowi, Nyak Sandang menceritakan sejarah masa lalu dan menunjukan bukti obligasi pemerintah tahun 1950. Dengan bahasa Aceh, Nyak Sandang serius berbicara dengan Presiden yang di terjemahkan oleh satu anaknya Maturidi.

 

“Ini Pak Jokowi, Ayah. Dia senang sekali bisa bertemu Presiden,” kata Maturidi.

 

 

 

(Red: Hulu, sumber liputan6)

Comments are closed.