Kepulauan Nias Layak jadi Provinsi

10
336
Konfrensi pers Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) terkait pembentukan Provinsi Kepulauan Nias / Foto: Faiz

Jakarta – Terletak jauh dari pusat pemerintahan dan secara geografis dikelilingi lautan serta termasuk kategori  pulau tertinggal, terdepan dan terluar, membuat Kepulauan Nias sulit berkembang, bahkan masyarakat disana hampir tidak merasakan pembangunan.

Masyarakat Kepulauan Nias yang tergabung dalam organisasi masyarakat Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) meminta pemerintah untuk memekarkan Kepulauan Nias menjadi satu provinsi.

“Puluhan tahun pemerintah provinsi menelantarkan Kepulauan Nias. Padahal potensi alam sangat besar disektor pariwisata dan perikanan,” ujar Faigiziduhu Ndruru, juru bicara organisasi masyarakat Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI), Kamis (1/2/2018), di Jakarta.

Menurut Faigiziduhu, jika menjadi provinsi, maka Kepulauan Nias bisa langsung berhubungan dengan pemerintah pusat untuk mengembangkan potensi alam dan percepatan pembangunan.

Dari sisi persyaratan, Kepulauan Nias sudah memenuhi syarat, bahkan pada tahun 2014 saat sidang paripurna di DPR RI, pembentukan provinsi Kepulauan Nias menjadi prioritas utama, terang Faigiziduhu.

“Di daratan Pulau Sumatera hanya Kepulauan Nias yang belum menjadi provinsi. Pulau Bangka sudah jadi Provinsi Bangka Belitung, begitu juga dengan Kepulauan Riau yang saat ini sudah menjadi provinsi tersendiri,” ujar Faigiziduhu.

Selama ini Kepulauan Nias dikenal karena tradisi Lompat Batu, peninggalan megalitikhum dan ombaknya yang tersohor hingga mancanegara.

Penulis: Faiz

Comments are closed.