Foto: Istimewa

Nawacitapost.com – Presiden RI Joko Widodo Sabtu (15/4/2017) kemarin meresmikan pengoperasian Jalan Tol Akses Tanjung Priok sepanjang 11,4 Km. Sejak diresmikan hingga  1 bulan ke depan, ruas tol ini sementara akan dioperasikan tanpa tarif (gratis).

Jalan Tol Akses Tanjung Priok terdiri dari lima seksi yakni Seksi E-1 Rorotan-Cilincing (3,4 Km), E-2 Cilincing-Jampea (2,74 Km), E-2A Cilincing-Simpang Jampea (1,92 Km) dan NS Link Yos Sudarso-Simpang Jampea (2,24 Km) dan NS Direct Ramp (1,1 Km).

Untuk sementara, pengoperasian Jalan Tol Akses Tanjung Priok akan dilaksanakan oleh PT. Jasa Marga dan PT. Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP).

“Dengan dioperasikannya jalan tol ini maka keluar masuk kontainer dari Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan utama Indonesia akan lebih cepat dan lancar sehingga meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia,” kata Presiden Jokowi saat peresmian.

 

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto dalam laporannya menyampaikan dengan kehadiran jalan tol ini akan meningkatkan kapasitas jalan metropolitan Jakarta dan semakin memperkuat konektivitas dalam mengembangkan potensi ekonomi Indonesia, mengurangi waktu tempuh dan menurunkan biaya transportasi.

Selain itu jalan tol yang dibangun dengan biaya konstruksi Rp 4,1 triliun ini juga menjadi percontohan jalan tol ramah lingkungan yang dilengkapi dengan sound barrier terutama yang berada disamping Rumah Sakit Koja sehingga tidak mengganggu ketenangan aktivitas rumah sakit. (val)

 

 

Baca juga :  Ucapkan Selamat Hari Trisuci Waisak, Presiden Jokowi : Selalu Akan Ada Cahaya Terang Sesudah Kegelapan

Comments are closed.