Daerah Otonom Diharap Punya Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif

2
152
Mendagri Tjahjo Kumolo / Foto: Ist

Nawacitapost.com – Daerah otonom harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan diharapkan punya tata kelola pemerintahan yang baik dan penuh inovasi.

Demikian dikatakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam kunjungan kerjanya ke Kota Bandung, belum lama ini.

“Salah satu konsekuensi logis dari implementasi seluas-luasnya yakni daerah memiliki tanggung jawab yang besar dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat,” ujar Mendagri.

Peningkatan kesejahteraan rakyat tersebut menurut dia dapat terwujud melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat.

“Dalam melaksanakan pembangunan daerah, pemerintah daerah  Melalui RKPD Tahun 2018 seyogyanya mengakomodasi aspirasi masyarakat,” ujar Tjahjo.

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri selalu membuka diri untuk bersama-sama dengan seluruh Kementerian/Lembaga Pemerintahan Non Kementerian dalam upaya pembinaan terhadap pemerintahan daerah.

Mendagri menginginkan bagaimana penyelenggaraan pemerintahan ini semakin efektif. Maka dari itu daerah diminta untuk lebih aktif.

“Pemerintah Daerah diharapkan aktif memberikan dukungan, informasi, masukan, kritikan yang dibutuhkan dalam menciptakan pemerintahan nasional yang efektif,” tambah Tjahjo. (rian)

Comments are closed.