Kedaulatan Pangan Membaik, Stok Beras Mencapai 1,93 Juta Ton

54
195
Foto: Net

Nawacitapost.com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjadi pembicara (keynote speaker) di Seminar Nasional dan Pra Loknas FKPTPI BKS Wilayah Timur dalam rangka Dies Natalis Ke-41 Universitas Sebelas Maret (UNS), di Auditorium UNS, Solo, Kamis (30/3/2017).

Dalam seminat bertema “Peranan Sumber Daya Pertanian, Perkebunan dan Peternakan dalam mendukung Ketahanan Pangan Nasional” itu, Amran mengatakan kedaulatan pangan Indonesia sudah membaik, karena tersedia stok beras 1,93 juta ton yang cukup untuk persiapan bulan puasa Ramadhan besok.

Bahkan dalam waktu dekat, Malaysia akan mengimpor 15-50 ribu ton beras Rajaunca dari Entikong, Kalimantan Barat. Selain itu tim Malaysia juga datang ke Ponorogo, Jawa Timur, karena tertarik ingin mengimpor jagung.

“Untuk bawang merah dan cabai, harga nya juga sudah turun artinya program kita sudah berhasil,” katanya.

Amran meminta agar penyebaran isu yang tidak benar soal pangan dihilangkan. Menurut Amran, pemerintah sudah bekerja maksimal dan siap menyalurkans stok pangan baik beras dan jagung yang ada di Bulog.  Sampai saat ini jagung lokal tersedia untuk peternakan dengan harga kisaran 3000an. Stok jagung di bulog juga kata Amran cukup dan akan mendahulukan pendistribusiannya pada peternak kecil.

“Produksi sudah baik, Indonesia sudah tidak perlu impor lagi. Di Tahun 2045 Indonesia akan swasembada pangan,”kata Amran

Sementara untuk impor sapi, Amran menegaskan pihaknya akan mendistribusikannya ke daerah-daerah tertentu yang belum berswasemda sapi. Untuk daerah yang sudah bisa mencukupi kebutuhannya dari lokal seperti di Jawa Timur ini, Amran menjamin tidak akan diganggu oleh sapi impor. (hadi)

Comments are closed.