Nasdem Pecat Nurdin Basirun

0
19

Jakarta, NAWACITA- Partai NasDem memberhentikan sementara Nurdin Basirun sebagai Ketua DPW NasDem Kepulauan Riau (Kepri). Pemecatan ini menyusul penangkapan Nurdin oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan korupsi terkait izin lokasi reklamasi.

Sekjen NasDem Jhonny G Plate mengatakan, surat pembebastugasan sudah ditandatangani Ketua Umum Surya Paloh. Jabatan Ketua DPW kini diserahkan kepada Willy Aditya sebagai pelaksana tugas (Plt).

”Hari ini sudah dibebastugaskan melalui surat keputusan DPP. Tadi ketua umum dan saya sudah menandatangani dan menggantinya dengan pelaksana tugas yang baru yakni Willy Aditya yang juga Ketua DPP NasDem,” ujar Jhonny Plate di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (11/7).

Basirun ditangkap tim KPK bersama lima orang lain pada OTT, Rabu (10/7/2019) malam. Dari penangkapan ini, KPK mengamankan barang bukti uang 6.000 dolar Singapura. Diduga penerimaan uang ini bukan yang pertama.

DPP NasDem merespons penangkapan itu dengan mengirimkam tim untuk melakukan investigasi ke Kepri. Tim tersebut akan menggali informasi dan memastikan apa sebenarnya yang terjadi.

”Karena beritanya cukup simpang siur ya ada yang menjadi tidak jelas bagi kami sehingga sebelum mengambil keputusan dengan cepat, kami harus mengumpulkan informasi yang cukup komplet dulu ya agar tidak salah karena ini terkait dengan pemberantasan korupsi,” tutur Plate.

Anggota Komisi XI DPR ini mengatakan, NasDem mendukung penuh pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK. Meski KPK belum menetapkan mantan wagub Kepri itu sebagai tersangka, NasDem telah mengambil langkah cepat dengan memberhentikannya.

“Kami DPP mengambil langkah yang cepat untuk menunjukkan memang kami sungguh-sungguh untuk membantu pemberantasan korupsi,” kata dia.

 

Tinggalkan Balasan