Nahubi Hia:Calon Ketum HIMNI Harus Punya Waktu dan Finansial Kuat

0
1134

Jakarta,NAWACITA-Sebagai Dewan Pengurus Daerah HIMNI yang terbilang senior, Nahubi Hia, Ketua DPD Provinsi Sumatera Selatan siap menyukseskan Munas V HIMNI di Jakarta bulan depan. Menurutnya, DPD Sumsel sudah ikut Munas HIMNI sejak Munas ke II di Medan, Munas III Di Nias dan Munas IV di Jakarta.

Nahubi melanjutkan, perbedaan munas kali ini dengan munas sebelumnya adalah dinamika yang  berkembang di tengah-tengah  para pengurus DPD dan DPC seluruh Indonesia. Apalagi Ketua Umum HIMNI saat ini, Marinus Gea,  kemungkinan tidak bersedia untuk melanjutkan kembali kepemimpinannya meskipun masih layak dan sesuai AD ART maksimal dua periode.

“Karena Munas adalah pengambil keputusan tertinggi, tentu kami tidak mau melewatkan kesempatan tersebut untuk menghasilkan keputusan bagi pembangunan Ono Niha di seluruh Indonesia, khususnya Kepulauan Nias,”kata Nahubi.

Nahubi menegaskan ada dua program unggulan  HIMNI yang telah dicanangkan pada periode kepengurusan yang sedang berlangsung. Yakni mempertegas kembali peran HIMNI dalam perjuangan Kepulauan Nias jadi provinsi dan melanjutkan program Nias Pulau Impian sebagai semangat kebangkitan pariwisata Nias dimasa yang akan datang.

“Untuk memperjuangkan hal ini memang yang paling tepat adalah Kader HIMNI yang ada dalam sistem politik seperti pak Marinus sebagai anggota  DPR. Kebetulan dari kader HIMNI yang berhasil duduk di legislatif nasional hasil pemilu 2019 hanya dua orang yakni Yasonna H Laoly dari Dapil I Sumut dan Marinus Gea dari Dapil Banten. Sementara dari DAPIL II Sumut dimana wilayah Kepulauan Nias ada tidak terpilih satupun ke Senayan. Sehingga dengan demikian tidak punya kader pilihan alternatif,”katanya.

Nahubi mengaku sudah berdiskusi dengan intenal pengurus baik di DPC dan DPD secara tidak formal untuk menetapkan kriteria jika calon Ketua Umum yakni mereka yang memiliki waktu dan dukungan finasial yang cukup. Sebab jika kedua hal tersebut tidak dipunyai oleh ketum yang akan datang akan muncul masalah baru.

Siapa kira-kira yang pantas diusung sebagai calon alternatif?”Yang jelas  ada diatara BPH DPP sekarang dan tokoh yang telah viral di medos yakni 9 nama. Nanti kita lihat lagi dinamika di arena munas,”katanya.Ketika dikejar dari 9 nama siapa yang paling berpeluang, sambil tertawa Nahubi menjawab,”Bukannya boss-boss Nawacita lebih tahu permainan ini hehehe,”pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan