Mobil Esemka Akan Diresmikan, Presiden Jokowi: Dikerjakan Pihak Swasta Bukan Pemerintah

0
47
Mobil Esemka terbaru saat terlihat ke publik. (Foto: Liputan6)

 

Jakarta, NAWACITA– Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pihak pemerintah tidak mengerjakan pembuatan mobil Esemka.

Menurut Presiden, Mobil Esemka yang pernah melambungkan namanya saat menjadi Walikota Solo dikerjakan oleh Industri yang dididirikan pihak swasta

“Itu urusan orang industri. Urusan saya urusan apa dengan produksi Esemka. Ga ada urusan pemerintah,” kata Jokowi usai menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-33 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Rabu (24/10).

Dalam hal kreasi dan kreatif para kaum muda terutama para pelajar sudah kewajiban pemerintah untuk mendorong dan kemajuan produk lokal seperti mobil Esemka. Hal itulah yang Ia lakukan saat menjabat Walikota Solo.

Saat itu, mobil Esemka yang diperkenalkan kepada publik atas hasil karya anak –anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dibantu para teknisi perusahaan besar ini difasilitasi untuk uji emisi dan uji laik jalan.

“Tugas pemerintah hanya itu. Setelah jadi, ya diserahkan kepada industri, mau diproduksi atau tidak produksi, bukan urusan kita lagi,” ujar Jokowi.

Kendati demikian, kata Jokowi, jika produksi mobil Esemka jadi diresmikan, maka dirinya bersedia datang karena merupakan merk dan karya anak bangsa.

Perkembangan pabrik mobil Esemka sudah mendapatkan Tanda Pendaftaran Tipe dan Sertifikat Uji Tipe dari Kementerian Perhubungan.

Pabrik mobil Esemka didirikan di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah dan memproduksi salah satu jenis kendaraan yakni pick-up.

 

 

 

(Red: Faiz, sumber Ist)

Tinggalkan Balasan