Masyarakat Kelola Desa Wisata Pandeglang

0
10

Jakarta, NAWACITA- Masyarakat Pandeglang mulai mengelola desa wisata dan juga Menteri Pariwisata membekali seluruh masyarakat untuk menjalani pelatihan demi memajukan desa wisata Pandeglang itu.

Kementrian Pariwisata (KEMENPAR) memberikan pelatihan bagaimana cara mengelola desa wisata termasuk langkah pengembangan destinasi, penyusunan story telling, dan pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kemenpar, Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan, pihaknya mengadakan pendampingan dan fasilitasi pelatihan masyarakat desa wisata agar lebih siap menerima wisatawan yang datang.

 

“Langkah ini juga dilakukan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa wisata agar mampu meningkatkan dan mengembangkan desa wisata sebagai implementasi dari sinergi program pengembangan desa wisata,” kata Wisnu dalam kegiatan Pengembangan Desa Wisata di Rumah Makan Cibaru Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu 18 Mei 2019.

Wisnu menjelaskan, pengembangan desa wisata menjadi stimulus positif pertumbuhan perekonomian pedesaan. Dengan itu diharapkan akan ada peningkatan percepatan kesejahteraan masyarakat desa.

Saat ini pariwisata merupakan sektor yang paling digalakkan pengembangannya oleh pemerintah. Sektor pariwisata sudah ditargetkan untuk dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Termasuk untuk mendukung sektor lain yang ada di objek wisata tersebut.

 

Tinggalkan Balasan