Makin Mudah, Ini Jalur Cepat Untuk Menjadi CPNS 2018

0
135

Jakarta, NAWACITA– Pemerintah membuka jalur cepat rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil  (CPNS) 2018 untuk para putra-putri bangsa.

Jalur cepat ini merupakan langkah Pemerintah untuk menyerap para generasi bangsa untuk bisa menjadi aparatur sipil negara.

Sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) PANRB No. 36 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS tahun 2018, maka jalur cepat ini dibuka untuk lulusan terbaik (cumlaude).

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, berdasarkan Permen PANRB tersebut, instansi pemerintah pusat wajib mengalokasikan minimal 10 persen untuk sarjana lulusan terbaik (cumlaude), sedangkan instansi daerah minimal 5 persen  dari total alokasi yang ditetapkan.

“Pelamar merupakan lulusan perguruan tinggi maupun program studi terakreditasi A/unggul pada saat kelulusan,” kata Setiawan di Jakarta, Jumat (7/9).

Sebelumnya, Menteri PAN RB memposting di media sosial pengumuman tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2018.

Dalam pengumuman itu, disebutkan bahwa total formasi CPNS 2018 sebanyak 238.015 orang. Jumlah ini terbagi dua, yakni instansi pusat dan instansi daerah.

Tinggalkan Balasan