KPU RI Diminta Tegakkan Demokrasi, Seleksi Ulang Pendaftar Komisioner Di Dapil V Sumut

0
350
Arisman Zagoto mantan anggota DPR RI periode 2004-2009

Jakarta, NAWACITA– Mantan Anggota DPR RI 2004-2009 Arisman Zagoto meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat RI untuk mengulang proses seleksi terhadap ratusan calon peserta komisioner KPU Nias selatan yang berada dibawah Tim Seleksi Dapil V Sumut.

Penemuan kecurangan oleh Tim Inspektorat dan SDM KPU RI terhadap tahapan seleksi calon komisioner KPU Nisel yang diketuai oleh Tonny P Situmorang dan Sekretaris Agerifa Dakhi sebagai dasar sebagai landasan utama pengulangan proses seleksi.

Saya meminta agar proses seleksi yang masuk tahap wawacancara dengan 16 orang yang lolos dihentikan dan diulang kembali. Kita harus wujudkan demokrasi yang bersih kepada peserta lain yang dicurangi, kata Arisman saat diwawancarai oleh Nawacitapost, Minggu (26/8).

Surat keputusan KPU RI pada tanggal 14 Agustus 2018 terkait penundaan tahapan seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota periode 2018-2023 yang dilaksanakan oleh Tim Seleksi Sumut V harus ditegaskan lagi karena proses seleksi hingga saat ini sudah masuk pada pengumuman tes kesehatan dan tes wawancara.

KPU RI harus bijak dan adil kepada setiap hak warga negara untuk membatalkan semua proses yang telah berjalan. Mereka yang telah terdaftar diawal harus diberi kesempatan dengan seleksi yang jujur, terbuka dan profesional, kata Arisman.

Dilanjutkannya, Terkait pemberhentian dua anggota seleksi atas nama Agerifa Dakhi sebagai Sekretaris dan Bambowo Laiya serta melakukan pelantikan dua anggota baru yaitu Edy Ikhsan dan Renta Morina Nababan sebagai bentuk kepedulian KPU RI terhadap kejujuran dan keadilan untuk menegakkan demokrasi di Kepulauan Nias di bawah Dapil V KPU Sumatera Utara.

Kita tidak mau kecurangan yang terjadi di Nisel ditahun 2014 terulang kembali kecurangan SDM di KPU Nisel yang melakukan manipulasi data. Kami sangat mengapresiasi langkah cepat KPU Pusat melakukan tindakan awal terkait kecurangan dari proses seleksi awal ini, ujarnya.

 

(Redaksi)

Tinggalkan Balasan