KPK Umumkan Status Baru Politisi PAN, Taufik Kurniawan Sebagai Tersangka

0
131
Politisi PAN Taufik Kurniawan. (Foto: Dtk)

Jakarta, NAWACITA– Politikus PAN, Taufik Kurniawan yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPR RI ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keputusan ini disampaikan oleh Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan yang didampingi Juru Bicara KPK Febri Dinsyah dalam jumpa pers di Gedung KPK Jalan Kuningan Raya, Jakarta, Selasa (30/10).

Taufik Kurniawan diduga melakukan tindak pidana korupsi terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk kabupaten Kebumen, Jawa Tengah atas pengembangan yang dilakukan oleh penyidik terkait kasus ini.

“KPK menetapkan TK wakil ketua DPR RI periode 2014-2019 sebagai tersangka,” ujar Basaria di gedung Merah Putih KPK.

Selain itu kata Basaria menjelaskan bahwa politisi PAN ini diduga diduga menerima hadiah atau janji terkait dengan perolehan anggaran DAK fisik pada perubahan APBN Tahun Anggaran 2016.

“Saat itu terdapat rencana alokasi Dana Alokasi Khusus senilai Rp 100 miliar. Diduga fee untuk kepengurusan anggaran DAK ini adalah sebesar 5 persen dari total anggaran,” kata Basaria.

Taufik disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau pasal 12 hurut b atau pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001.

Sebelumnya, KPK melalui Ditjen Imigrasi Kemenkumham mencegah Taufik bepergian ke luar negeri. Belum diketahui penyebab dari pencekalan tersebut termasuk keterkaitan Taufik dalam kasus Bupati nonaktif Kebumen Yahya Fuad yang menyebut Taufik menerima uang Rp 3,7 miliar.

 

 

(Red: Juan, sumber TS)

Tinggalkan Balasan