KlaimTembak Jatuh Drone Iran di Selat Hormuz, AS Punya Bukti

0
11

Washington DC, NAWACITA– Seorang pejabat AS menyatakan bahwa mereka punya bukti tentang penembakan drone Iran di Selat Hormuz.

“Kami punya bukti yang sangat jelas,” ujar si pejabat yang tidak disebutkan namanya seraya menambahkan, terdapat juga bukti video untuk memperkuat keterangan mereka.

Dia menambahkan seperti dilansir AFP Sabtu (20/7/2019), drone Iran telah terbang terlalu dekat dengan kapal perang AS. “Jika Anda terbang terlalu dekat, Anda bakal ditembak jatuh,” tegasnya.

Sebelumnya pada Kamis (18/7/2019), Presiden Donald Trump menyatakan kapal perang USS Boxer menghancurkan drone Iran di Selat Hormuz karena terbang terlalu dekat.

Militer Iran membantah klaim tersebut dengan mengatakan “tak berdasar dan mengkhayal”. Namun, mereka mengakui ada satu drone mereka yang terbang di dekat kapal perang AS.

“Seluruh drone Iran sudah kembali dengan selamat ke pangkalan,” demikian pernyataan dari juru bicara militer, Brigadir Jenderal Abolfazl Shekarchi.

Kawasan Teluk dan Selat Hormuz, jalur pelayaran terpenting dalam perdagangan minyak dunia, menjadi panas situasinya sepanjang dua bulan terakhir.

Keadaan itu muncul sejak Trump mengumumkan keluar dari kesepakatan nuklir Iran yang dibuat oleh pendahulunya, Barack Obama, pada Mei tahun lalu, sebagaimana dilansir dari kompascom.

Trump kemudian mengatakan dia menarik perintah serangan udara sebagai balasan setelah Iran menghancurkan drone AS karena dituduh melanggar wilayah udara mereka.

Tinggalkan Balasan