Kementan Telah menyiapkan Strategi Pengembangan Produk Buah-buahan

0
11
Kementan Telah menyiapkan Strategi Pengembangan Produk Buah-buahan
Kementan Telah menyiapkan Strategi Pengembangan Produk Buah-buahan

Jakarta, NAWACITA- Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Prihasto Setyanto mengatakan telah menyiapkan strategi pengembangan produk buah-buahan terkait ketersediaan lahan. Ini dia sampaikan pada Focus Group Discussion (FGD) ‘Pengembangan Hortikultura untuk Peningkatan Ekspor dan Ekonomi Daerah’, di Madiun, Senin (12/8).

“Konsep kami, rencananya kita akan lakukan kegiatan untuk skala, misalnya ada satu kabupaten cocok untuk tanaman manggis. Bantuan yang kita berikan nanti langsung skala luas,”ungkapnya.

Dengan catatan, daerah tersebut memang benar-benar cocok untuk pengembangan suatu komoditas, baik ditilik dari segi kualitas tanah, keekonomian, hingga ketersediaan lahan.

“Yang penting memiliki keekonomian yang sesuai, sumber daya lahan yang sesuai kita akan beri bantuan skala luas disana supaya bisa mendorong komoditas tersebut menjadi satu daerah menjadi satu sentral buah-buahan siap diekspor,” imbuhnya.

Sebagai contoh, dia menjelaskan, misalnya sebuah kabupaten memiliki potensi untuk pengembangan manggis dengan total lahan sebesar 500 hektar. Jika setelah kajian dilakukan dan secara ekonomis menguntungkan, maka Kementan akan mengucurkan anggaran untuk pengembangan Manggis di 500 hektar lahan tersebut.

“Misalnya wilayah tersebut secara ekonomi wilayah tersebut bisa dikembangkan 500 hektare, nanti akan kita kembangkan di Kabupaten itu 500 hektar. Insya Allah 4-5 tahun kemudian menjadi sentra manggis yang unggul,”

Dia menambahkan, untuk tahun ini, pihaknya mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 1.080-an triliun. Dari total anggaran tersebut, Rp 177 miliar diperuntukkan bagi pengembangan produk holtikultura.

“Untuk buah-buahan, memang kami ada, alokasi anggaran untuk peningkatan produksi buah dan produk holtikultura sekitar Rp 177 miliar,”ucapnya.

 

Tinggalkan Balasan