Kemenkeu: Tarik Investasi Masuk Ke Indonesia Dengan Menjaga Kepercayaan

0
31
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara. (Foto: Akurat)

 

Jakarta, NAWACITA– Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara menegaskan akan pentingnya menjaga kepercayan untuk menjaga dan menarik Investasi kembali masuk ke Indonesia.

“Kalau dalam konteks sekarang yang perlu kita pelihara adalah `confidence`,” kata Suahasil di Jakarta, (31/10).

Diterangkanya,negara-negara berkembang saat ini diuntungkan dengan membaiknya perekonomian di AS. Aliran dana masuk ke negara berkembang yang salah satunya Indonesia dan kembali pula ke negara adidaya tersebut.

Atas kondisi itu, maka yang dilakukan adalah dengan memperbaiki fundamental perekonomian Indonesia guna memberikan kepastian kepada pemilik modal agar tidak ragu melakukan investasi.

“Cara menjaga `confidence` adalah dengan menyampaikan kisah (ekonomi) Indonesia, melakukan pengambilan kebijakan dengan berbasis pengetahuan dan secara prinsip benar,” ujarnya.

Suahasil mengibaratkan kebijakan yang dilakukan ini mirip dengan tindakan untuk membersihkan rumah yang kotor sehabis terjadi kekacauan agar para tamu tidak sungkan untuk berkunjung.

“Ketika global bergerak, masa rumah kotor, tidak kita `beresin`. Kita tetap `beresin` agar kita berharap, kalau rumah bersih, orang mau datang, mau mampir,” ujarnya.

Selain memperbaiki kondisi domestik, ia mengharapkan situasi perekonomian global dapat kembali stabil agar aliran modal ke Indonesia tidak lagi terbatas.

 

 

(Red:

Tinggalkan Balasan