Kemenhub Buka Layanan Gratis Sertifikasi Kapal Dan ABK

0
41
Kapal nelayan di kepulauan Nias. (Foto: Ist).

Kalteng, NAWACITA– Kementrian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggratiskan layanan sertifikasi kapal di seluruh Indonesia.

“Bagi pemilik kapal, kami berikan sertifikasi gratis. Langkah ini diambil untuk mengurangi tingkat kecelakaan kapal laut. Jika ada sertfikasi maka pemilik kapal lebih taat pada aturan, kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo dalam penyerahan sertifikat di Pelabuhan Kumai, Kotawaringin Barat, Senin, (08/10).

Kemenhub mengimbau kepada pemilik kapal agar segera mendaftarkan diri. Pemberian sertifikasi ini untuk menseleksi kapal yang memenuhi syarat kelaikan. Apabila tidak memenuhi, kapal tersebut tidak akan diizinkan beroperasi.

“Ini mohon disampaikan kepada seluruh nelayan untuk dimanfaatkan karena ada penegakan hukum bahwa kapal dan kru yang tidak bersertifikat, tidak bisa melaut,” katanya.

Selain untuk kapal, lanjut dia, sertifikasi gratis juga dilakukan untuk para kru kapal atau anak buah kapal (ABK).

“Kami juga ada program sertifikasi pelaut semua akan kami latih dan didik juga gratis,” katanya.

Berkaca dari pengalaman pahit yaitu kecelakaan kapal di Danau Toba, Agus mengaku kejadian sama tidak boleh terulang karena akan mematikan sektor pariwisata.

Untuk itu, semua kapal harus dilengkapi dengan jaket keselamatan dan dijamin oleh asuransi.

“Pengalaman di Selayar-Danau Toba, mereka mendaftarkan asuransi kecelakaan karena untuk jaga-jaga, jika dia kecelakaan selamat langsung dibayar, saya harap di Kumai begitu, saya mohon nakhoda jangan masukkan orang di luar manifest, pengalaman nakhoda memasukkan orang yang tidak ada dalam manifest ke depan kita bisa berlayar dengan tertib,” katanya.

 

 

(Red: Restu, sumber Antara)

Tinggalkan Balasan