Kader PAN Sumsel Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf, Ini Kata Timses

0
67

Jakarta NAWACITA – Setelah sejumlah kader PAN (partai amanat nasional) di Kalimantan Selatan menyatakan dukungannya ke Jokowi-Ma’ruf untuk Pilpres 2019, menyusul kemudian puluhan kader PAN Sumatera Selatan mendeklarasikan
diri mendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menyambut baik dukungan yang dideklarasikan pada Rabu (12/12) tersebut.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Johnny G Plate, menyampaikan, pihaknya membuka pintu lebar-lebar dan menyambut gembira semua orang yang memberikan dukungannya kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 1 tersebut.

“Tentu kita sambut baik ya semua orang yang secara sungguh-sungguh memberikan dukungan kepada Pak Jokowi Kiai Ma’ruf Amin. Memenangkan Pak Jokowi-Ma’ruf Amin, tentu kami membuka pintu selebar-lebarnya menerima dengan baik,” tutur Plate di Jakarta, Kamis (13/12).

Plate menilai, solidnya koalisi Jokow-Ma’ruf yang menyebabkan mengalirnya dukungan dari kader-kader partai oposisi. Selain itu, karena adanya kesadaran dari koalisi untuk saling mendukung dalam pemenangan pileg maupun pilpres.

“Karena kami mempunyai kesepahaman, kita membutuhkan pemerintahan presidential sistem yang efektif. Jangan sampai menang pilpresnya, kalah pilegnya lalu pemerintahan tidak bisa efektif. Atau menang pilegnya nggak menang pilpresnya nggak bisa efektif juga. Jadi kami membutuhkan menang dua-duanya. Nah itu penting,” tutur Johnny.

Tidak hanya kader PAN, lanjut Plate, kader partai pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lainnya juga banyak yang membelot dengan mendukung Jokowi-Ma’ruf. Ia mencontohkan, misalnya kader Partai Demokrat.

“Kalau di koalisi sebelah tidak bermaksud mengomentari, tapi kan kita tahu Demokrat di daerah banyak yang terlebih dahulu sudah mendukung Pak Jokowi,” ujar politisi Partai Nasdem ini.

“Banyak itu secara terus terang, terbuka disampaikan, demikian pula sekarang PAN. Dan tidak tertutup juga kemungkinan lain-lain juga memberikan dukungan tapi tidak disampaikan secara terbuka ke publik,” sambung dia.

Plate pun menilai pengalihan dukungan tersebut adalah hal yang wajar. Menurutnya, hal itu merupakan pilihan yang rasional bagi kader-kader partai oposisi, khususnya yang berada di daerah.

“Menunjukkan dukungan bahwa pilihan kepada Pak Jokowi-Ma’ruf itu pilihan rasional. Dan saya kira capres ini capres yang rasional untuk didukung, bukan secara emosional saja,” kata Plate.

Sekedar diketahui, puluhan kader PAN Sumsel yang mendeklarasikan diri mendukung Jokowi-Ma’ruf pada Rabu (12/12) kemarin, beralasan kerja nyata Jokowi di wilayahnya sudah terasa.

Tinggalkan Balasan