Nawacitapost.com
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bertolak menuju Kyiv menggunakan kereta api luar biasa, Selasa (28/06/2022). (Sumber Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas berangkat menuju Kyiv di Ukraina tepat pada pukul 21.15 waktu setempat, Selasa, 28 Juni 2022.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menggunakan Kereta Luar Biasa yang disiapkan Pemerintah Ukraina, sebagaimana digunakan pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Dalam keterangannya di Munich, Senin, 27 Juni 2022, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Presiden Jokowi berangkat ke Ukraina melalui Polandia. Jokowi naik kereta api dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia.

Dari dokumentasi yang dibagikan, terlihat Jokowi dan rombongan didampingi Paspampres dan pasukan pengamanan lainnya. Jokowi juga membawa beberapa kotak bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk rakyat Ukraina. Kotak tersebut bertuliskan “Indonesia humanitarian aid to the people of Ukraina”.

Retno mengaku masih terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia.

Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Kyiv Ukraina keesokan harinya. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 

Baca juga :  Presiden Jokowi dan Ibu Negara Mengucapkan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah