Gandeng Diaspora, KBRI London Gelar Ajang Publik Perdana Promosi Gastronomi Indonesia di Inggris

0
272

Jakarta, NAWACITAPOSTWarga Inggris yang tinggal di kota Bristol dan sekitarnya, mendapatkan suguhan khusus akhir pekan lalu. Puluhan menu kuliner dan seni budaya nusantara hadir menemani lebih dari 500 warga setempat yang hadir dalam acara Pasar Indonesia in Bristol, di kota Bristol, Inggris (8/8).

“Pasar Indonesia in Bristol merupakan kegiatan publik perdana untuk mempromosikan kuliner dan seni budaya Indonesia kepada masyarakat Inggris pasca pelonggaran Covid-19,” tutur Duta Besar RI London Desra Percaya yang hadir menyapa warga setempat dan para diaspora Indonesia di kota Bristol dan sekitarnya.

Desra juga menyampaikan bahwa Pasar Indonesia juga menjadi ajang untuk merajut kembali jejaring para diaspora, pelaku UMKM, Indonesianis, pecinta kuliner dan sosial budaya serta para peserta program Darmasiswa, khususnya setelah lebih dari 1,5 tahun dalam situasi pembatasan Covid-19.

Kegiatan promosi ini merupakan kolaborasi antara KBRI London bersama dengan organisasi kemasyarakatan Bristol Indonesian Society (BIS) dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Bristol dan Bath. Kegiatan juga didukung oleh BUMN di London, yaitu Bank Indonesia, Bank Nasional Indonesia dan Bank Mandiri.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan KBRI London untuk menjaring minat masyarakat untuk belajar bahasa Indonesia. Bank Indonesia turut memperkenalkan program peluang investasi bagi para diaspora Indonesia untuk berkontribusi dalam memperkuat perekonomian negara.

“Di samping itu, KBRI London membuka layanan konsultasi kekonsuleran kepada warga. Perlindungan dan layanan yang baik kepada warga menjadi aspek yang penting, terlebih di tengah situasi pandemi,” jelas Desra Percaya.

Enggi Holt, Ketua Bristol Indonesian Society (BIS) menyampaikan bahwa acara Pasar Indonesia in Bristol disambut dengan antusiasme tinggi. “Para pengunjung sampai rela antri panjang untuk masuk tempat acara. Mereka pun juga sangat senang karena kembali dapat menikmati berbagai sajian kuliner dan kesenian tradisional Indonesia.”

Dengan antusiasme yang tinggi tersebut, BIS bersama dengan KBRI London akan merencanakan agenda tahunan acara Pasar Indonesia in Bristol sebagai bagian dari promosi Indonesia secara berkelanjutan dan menyesuaikan dengan target pasar.

Kuliner yang diperkenalkan dibagi dalam tiga kelopok. Kelompok starter diantaranya bubur ayam, lumpia semarang dan tahu goreng. Kelompok main course diantaranya nasi padang, rendang tahu dan nasi pecel. Kelompok desserts diataranya bubur ketan hitam, cendol dan bubur sumsum.

Sedangkan kesenian tradisional diperagakan oleh para mahasiswa peserta Darmasiswa yang memainkan gamelan Bali dan kelompok tari Lila Bhawa.

Kegiatan ini juga menarik media setempat yang SecretBristol.com yang turut mempromosikan ajang perdana promosi Indonesia di kota Bristol.

Bristol merupakan kota wisata dan pelajar di Inggris yang terletak sebelah barat kota London, sekitar 115 mil. Dari kota London, Bristol dapat ditempuh sekitar 2,5 jam menggunakan mobil atau transportasi umum. Terdapat sekitar 200 warga dan mahasiswa Indonesia yang tinggal di kota Bristol dan sekitarnya. (sumber: KBRI London).