Jakarta, NAWACITAPOSTDisamping vaksinasi massal untuk mencapai herd immunity, seluruh ilmuwan dunia berlomba menciptakan obat mujarab yang ampuh dalam memerangi virus corona. Peneliti sekaligus ilmuwan asal Israel salah satunya, merancang sebuah obat yang diklaim mampu sembuhkan corona.

Obat dengan sebutan EXO-CD24 ini awalnya ditujukan untuk mengobati kanker ovarium. Namun rupanya ampuh mengobati 29 hingga 30 pasien Covid-19 dengan kondisi sedang sampai parah dengan waktu penyembuhan lebih cepat. Biasanya pasien Covid-19 rata-rata bisa sembuh dalam waktu empat minggu, namun dalam 30 orang yang diuji coba tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk sembuh.

Obat dari Israel itu dikembangkan oleh tim peneliti di Pusat Medis Sourasky Tel Aviv. Sebelumnya obat ini telah diuji coba pada dua gelombang, dan angka 96% menunjukkan tingkat kemanjuran. Ini sesua dengan penelitian di Rumah Sakit Ichilov di Tel Aviv, Israel.

Akan tetapi, menurut peneliti Profesor Nadir Aber, tujuan utama penelitian adalah untuk mengkonfirmasi keamanan penggunaan obat, seperti yang ditunjukkan di Perpustakaan Kedokteran Nasional AS. Mereka belum mencatat efek samping obat substansial pada pasien Covid-19 dari kedua kelompok.

Kabar baiknya, Profesor Arber meyakini penemuan ini dapat menurunkan beban kerja tenaga medis.

“Bahkan jika vaksin melakukan tugasnya, dan bahkan jika tidak ada mutasi baru, dengan satu atau lain cara, virus corona akan tetap bersama kita. Maka dari itu, kami mengembangkan obat khusus ini: EXO-CD24. Ini belum pernah terjadi sebelumnya,” katanya, dikutip dari Times of India, Sabtu (13/02/2021).

Baca juga :  Polda Metro Jaya Bersama Alodokter Gandeng Relawan Medis Untuk Program Gerakan Vaksinasi Merdeka