Mau Kuliah di Luar Negeri Gratis ? 10 Beasiswa Untuk Mahasiswa Indonesia Ini Bisa Kamu Coba

0
368

Jakarta, NAWACITAPOSTSudah lulus sekolah dan berminat melanjutkan studi di luar negeri dengan beasiswa? Tak perlu takut, terdapat banyak program beasiswa luar negeri yang bisa kamu kejar. Berdasarkan informasi, THE Student dari Times Higher Education membuat daftar beasiswa luar negeri yang bisa diikuti calon mahasiswa asal Indonesia.

Mulai dari beasiswa S1 luar negeri fully funded, bantuan dana untuk biaya kuliah, bantuan dana penelitian, hingga bantuan dana penelitian bisa kamu dapatkan melalui beasiswa-beasiswa ini. Berikut daftarnya !

1. Beasiswa LPDP Scholarship
Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dari Kementerian Keuangan RI untuk berkuliah di berbagai negara. Beasiswa LPDP mencakup beasiswa kuliah di berbagai perguruan tinggi terbaik dunia lho, seperti California Institute of Technology (Caltech), Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, Princeton University, Stanford University, dan universitas terbaik lainnya.

Beasiswa LPDP menawarkan beasiswa S1 luar negeri fully funded di tahun 2021, di samping program beasiswa S2 luar negeri dan S3 yang sudah lebih dahulu berjalan. Beasiswa LPDP saat ini juga membuka beasiswa untuk siswa SMK dan SMA, dosen, guru, tenaga kependidikan, dan peneliti.

2. Australia Awards
Beasiswa Australia Awards menawarkan beasiswa ke universitas-universitas di Australia. Beasiswa luar negeri ini mencakup biaya kuliah, biaya perjalanan, dan biaya hidup untuk berbagai program akademik.

Beasiswa luar negeri Australia Awards berfokus pada penyediaan kesempatan pendidikan bagi calon mahasiswa di berbagai negara berkembang di wilayah Indo-Pacific yang ingin berkontribusi untuk pembangunan negara asal masing-masing sekembalinya dari studi.

3. Beasiswa Australian National University
Australian National University menawarkan sejumlah beasiswa ke Australia untuk calon mahasiswa asal Asia Tenggara, seperti the College of Business & Economics South East Asia Merit Scholarship dan ANU Chancellor’s International Scholarship.

4. RMIT STEM Scholarships for Southeast Asia
Royal Melbourne Institute of Technology atau RMIT University menawarkan beasiswa berupa bantuan dana US$10,000 untuk lima calon mahasiswa asal Asia Tenggara yang akan berkuliah di prodi-prodi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics).

5. Fulbright Indonesia
Fulbright Commission menawarkan beasiswa luar negeri untuk berbagai program pendidikan dan program kerja di Amerika Serikat untuk S1, S2, dan S3, dan jenjang pendidikan lainnya.

6. Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals
Beasiswa berbentuk fellowship dari Hubert H. Humphrey Fellowship Program memberikan biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya perjalanan bagi tenaga profesional asal Indonesia yang sedang meniti karier.

Para penerima beasiswa ini akan belajar dalam program pendorong karier selama 10 bulan di universitas-universitas Amerika Serikat yang berpartisipasi dalam program ini.

Fellowship untuk Indonesia dari Hubert H. Humphrey Fellowship Program mewajibkan pelamar telah lulus dari S1 dan berpengalaman minimal 5 tahun di sektor publik.

7. Chevening Scholarships
Chevening adalah skema international awards dari pemerintah UK. Beasiswa Chevening menawarkan berbagai jenis beasiswa luar negeri untuk calon mahasiswa asal Indonesia.

8. GREAT Scholarships
Beasiswa GREAT dari British Council ini merupakan beasiswa luar negeri yang menyediakan bantuan dana minimal £10,000 untuk biaya kuliah calon mahasiswa internasional yang mengikuti program pascasarjana 1 tahun di UK.

Universitas yang bekerjasama dalam pemberian beasiswa GREAT di antaranya Imperial College London, Newcastle University, University of Bristol, University of Edinburgh, dan masih banyak lagi.

9. Cardiff Metropolitan University South East Asia Scholarship Award
Beasiswa luar negeri ke Inggris ini menawarkan bantuan biaya 50 persen di tahun pertama untuk calon mahasiswa dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

10. SOAS South-East Asia Postgraduate Scholarship
Beasiswa luar negeri di Inggris ini menawarkan bantuan dana £3,000 untuk pengurangan biaya kuliah bagi calon mahasiswa pascasarjana asal Asia Tenggara yang ingin berkuliah di School of Oriental and African Studies atau SOAS University of London.