Presiden ke -5 RI Megawati Soekarnoputeri Twerima Penghargaan dari Presiden Rusia Vladimir Putin yang diserahkan Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyova, di Kediaman Megawati,Jalan Teuku Umar Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021). Foto Facebook Yasonna H Laoly.

Jakarta, NAWACITAPOST –  Beruntung sekali, hari ini saya menyaksikan langsung penganugerahan Bintang Persahabatan dari Pemerintah Federasi Rusia kepada Presiden ke-5 Republik Indonesia, Ibu Megawati Soekarnoputri. Ibu Megawati menjadi warga negara Indonesia yang pertama menerima Order of  Friendship dari Rusia, melalui keputusan Presiden Vladimir Putin.

Baca Juga : Bulan Bung Karno, Megawati Minta Kader PDIP Turun Gunung Perhatikan Kondisi Rakyat di Desa

Penghargaan itu dianugerahkan atas jasa-jasa Ibu Megawati dalam mempererat persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dengan Rusia. Tulis Menkumham Yasonna H. Laoly dalam cuitan di akun Facebooknya, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga : Laksanakan Pancasila Dalam Pergaulan, Kakanim Polonia Samuel Toba : Pesan Tegas Yasonna Laoly Kepada ASN Kemenkumham

Lanjut Menkumham Yasonna, penghargaan itu dianugerahkan atas jasa-jasa Ibu Megawati dalam mempererat  persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dengan Rusia. Tulis Menkumham Yasonna H Laoly dalam cuitan di akun Facebook Yasonna H.Laoly.

Sejatinya penghargaan ini akan diserahkan langsung oleh Presiden Vladimir Putin dalam upacara kenegaraan di istana kepresidenan Rusia pada November 2020 lalu, namun masih melandanya pandemi Covid-19, maka Bintang Jasa baru bisa diserahkan oleh Duta Besar Lyudmila Vorobyova di Jakarta pada Selasa (2/6/2021) di kediaman Bu Mega, Jalan Umar,” kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Rabu (6/2/2021).

Soal penghargaan kepada Presiden ke-5 RI. Menurut Ketua Umum DPP Alumni GMNI Basarah, bahwa Bu Mega dalam setiap kesempatan di forum-forum International senantiasa menekankan politik damai penuh persahabatan yang bermartabat dan saling menghargai,” tuturnya.

Pada penghargaan itu, Megawati didampingi oleh putra-putrinya, Prananda Prabowo dan Puan Maharani. Selain itu ada Menkumham Yasonna H Laoly dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Baca juga :  Indonesia Siap Tempur Lawan Cina di Natuna Utara 

Terkiat penghargaan Order of  Friendship dari Rusia,  di antaranya, Mahathir Mohammad (2003), Nelson Mandela (2005), Lee Kuan Yew (2009), Mahmoud Abbas (2013), Ban Kim Moon (2016).