Iran Perlahan-lahan bisa Turunkan Kurva Penyebaran Corona

0
115
Iran Perlahan-lahan bisa Turunkan Kurva Penyebaran Corona

NAWACITAPOST-  Pemerintah Iran mengatakan mereka merasakan dampak yang cukup berat akibat pandemi virus corona (Covid-19), dan mengklaim perlahan-lahan mulai bisa menurunkan kurva penyebaran.

“Negara kami sangat terdampak akibat wabah tersebut. Namun, kami berhasil dan mampu menekan kurva penyebaran,” kata Menteri Kesehatan Iran, Saeed Namaki, dalam pidato melalui telekonferensi di rapat Majelis Kesehatan Dunia, Selasa (19/5).

Menurut data Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins, sampai saat ini tercatat ada 122.492 kasus virus corona di Iran. Sebanyak 7.057 orang di antaranya meninggal dunia.

Baca Juga : Masjid Istiqlal, Jakarta Resmi Tak menggelar Salat Idulfitri 1441 H

Namaki meminta solidaritas dari negara-negara lain untuk menghadapi dan melalui masa pandemi ini. Dia juga berharap pasokan obat-obatan tetap terjaga dan mempermudah akses terhadap vaksin virus corona jika sudah berhasil ditemukan dan diproduksi.

“2020 adalah tahun milik para perawat dan bidan. Kami ingin berterima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan,” kata Namaki.

Meski begitu, pada Senin (18/5) kemarin terjadi lonjakan kasus baru virus corona di Iran sebanyak 2.294 orang. Sementara itu, lebih dari 95.600 orang pasien corona dinyatakan sembuh.

Menurut juru bicara Kementerian Kesehatan Iran, Kianoush Jahanpour, wilayah yang menjadi pusat penyebaran virus corona di negara itu adalah Provinsi Lorestan, Khorasan Utara, Kerman, Sistan dan Baluchistan, Khuzestan dan Kermanshah.