Amerika Serikat Telah menghentikan Bantuan untuk WHO

Washington, Nawacitapost- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump telah menghentikan bantuan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pemerintah AS juga melakukan peninjauan bagi WHO karena dinilai tidak berhasil menangani kasus corona dan menutupi penyebaran virus Covid-19.

“WHO telah gagal dalam menjalankan tugas dasarnya dan harus bertanggung jawab atas hal itu. WHO juga mendukung disinformasi China mengenai virus Covid-19 yang berkemungkinan menjadi penyebab penyebaran virus ini lebih besar dari seharusnya,” ujar Trump dikutip dari Reuters, Rabu (15/4).

AS sendiri merupakan penyumbang dana terbesar bagi WHO dengan memberikan 400 juta dolar AS pada tahun 2019 lalu. Nilai tersebut kira-kira setara dengan 15 persen dari keseluruhan anggaran yang dimiliki oleh WHO.

Saat ini, AS adalah negara yang terdampak paling parah oleh virus Covid-19, baik dari segi jumlah kasus maupun dari jumlah kematian yang ditimbulkan. Total kasus yang dimililki AS sebanyak 605.193 dengan 25.757 kematian berdasarkan data dari Universitas Johns Hopkins.

Baca Juga : Menaker, Ida Fauziyah Hentikan Layanan Perizinan Bagi Tenaga Kerja Asing

“Dengan membludaknya pandemi Covid-19 di AS, kami memiliki keprihatinan yang mendalam apakah kemurahan hati AS telah dimanfaatkan sebaik mungkin. Seandainya WHO melakukan tugasnya dengan membawa para ahli medis ke China untuk menilai secara objektif situasi di lapangan dan menyebut kurangnya transparansi China. Wabah ini bisa saja tertahan di sumbernya dengan kematian yang sangat sedikit,” ujarnya.

Trump juga mengatakan, ribuan nyawa bisa terselamatkan dan kehancuran ekonomi dunia bisa dihindari jika WHO melakukan hal itu. Tapi, WHO dengan rela menerima jaminan China untuk menghadapi ini dan membela tindakan pemerintah Cina.

Menyusul keputusan yang dikeluarkan oleh Trump, Sekretaris Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres mengatakan, akan ada saatnya untuk kembali menengok ke belakang. Menurutnya, memahami secara menyeluruh bagaimana penyakit bisa menyebar dengan cepat dan menyebabkan krisis bisa menjadi bekal untuk menghadapi masalah serupa di masa mendatang.

Baca juga :  Dugaan Berspekulasi Kebakaran Kantor Kejagung Masih Ada Keterkaitan Djoko Tjandra

“Tapi saat ini bukan waktu untuk melakukan itu, juga bukan waktunya untuk mengurangi pendanaan untuk kegiatan operasional WHO atau organisasi kemanusiaan lain untuk melawan virus Covid-19. Seperti yang saya katakana sebelumnya, saat ini adalah waktu untuk bersatu dan bekerja sama dalam menghentikan virus Covid-19,” ujar Guterres dikutip dari The Guardian.

 

Comments are closed.