Tiga Peristiwa Terjadi di Berbagai Belahan Dunia

2
256
Tiga Peristiwa Terjadi di Berbagai Belahan Dunia

NAWACITA- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Senin (30/12) kemarin. Mulai dari Amerika Serikat serang markas milisi Syiah sampai politikus sayap kanan Belanda, Geert Wilders, kembali gelar lomba karikatur Nabi Muhammad S.A.W.

1. AS Bombardir Markas Milisi Syiah Irak

Angkatan Udara Amerika Serikat membombardir sebuah bangunan yang diduga dijadikan gudang senjata oleh milisi Syiah di Irak, Kataib Hizbullah (KH). Diduga hal ini sebagai pembalasan karena dalam beberapa waktu belakangan markas pasukan gabungan AS-Irak di Negeri 1001 Malam kerap diserang yang diduga didalangi oleh milisi Syiah yang didukung Iran.

Serangan udara itu digelar pada Minggu kemarin pukul 11.00 waktu setempat, dengan menggunakan jet tempur F-15 Strike Eagle. Saat dibombardir, terjadi dua kali ledakan susulan di lokasi yang diduga akibat amunisi yang disimpan.

Menurut keterangan Unit Pasukan Rakyat (PMU atau Hashd al-Shaabi), sebanyak 22 orang meninggal akibat serangan AS. Milisi KH adalah salah satu dari sekian banyak kelompok bersenjata Syiah yang bernaung di bawah organisasi tersebut.

Baca Juga : Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru di Kota Jakarta

Menurut Juru Bicara Kementerian Pertahanan AS (Pentagon), Jonathan Hoffman, serangan itu dilakukan tepat sasaran dan diyakini akan melemahkan kekuatan milisi KH. Menteri Pertahanan AS, Mark Esper, dilaporkan terlebih dulu meminta restu Presiden Donald Trump sebelum menggelar serangan tersebut.

2. RI Kirim Protes Keras ke China karena Kapal Terobos Natuna

Indonesia melayangkan nota protes kepada China terkait kapal ikan memasuki perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Kementerian Luar Negeri menyatakan telah memanggil Duta Besar China di Jakarta untuk menyampaikan protes tersebut.

“Kemlu telah memanggil Dubes Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Jakarta dan menyampaikan protes keras terhadap kejadian tersebut. Nota diplomatik protes juga telah disampaikan,” kata Kemlu dalam rilis di web resmi kemlu.go.id, Senin (30/12).

Keputusan itu berdasarkan hasil rapat antar Kementerian di Kemlu yang mengkonfirmasi terjadinya pelanggaran Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, termasuk kegiatan IUU fishing, dan pelanggaran kedaulatan oleh coast guard atau penjaga pantai RRT di perairan Natuna.

3. Tokoh Anti-Islam Belanda Lombakan Lagi Kartun Nabi Muhammad

Politikus sekaligus anggota parlemen sayap kanan Belanda, Geert Wilders kembali menggelar kompetisi gambar kartun Nabi Muhammad pada akhir pekan lalu.

Wilders dan partainya, Partai Kebebasan (PVV) dikenal anti-Islam. Sejumlah kicauannya di Twitter kerap berisi ujaran kebencian hingga mendiskreditkan Islam dan umat Muslim.

Kompetisi karikatur Nabi Muhammad diumumkan oleh pemimpin PVV tersebut melalui kicauan di akun Twitter pribadinya. Wilders mengajak para pengikutnya di Twitter untuk mengirimkan gambar-gambar satir tentang Nabi Muhammad.

“#FreedomOfSpeech harus menang atas kekerasan dan fatwa Islam,” bunyi cuitannya pada Sabtu (28/12) pekan lalu.

Comments are closed.