Lagu Kebanggaan Nias ‘Tano Niha’ Bergema di Taiwan

2
694
Lagu Kebanggaan Nias 'Tano Niha' Bergema di TaiwanLagu Nias 'Tano Niha' Bergema Di Taiwan

Taipei, NAWACITA – Seorang Tenor singer asal Indonesia, Fendy Lin bersama musisi berdarah Nias Brian Harefa membawakan lagu ‘Tano Niha pada acara ‘2019 Malawi ACC Concert’ di gedung Kuan He, Taipei Senin (16/12).

Lagu ‘Tano Niha’ merupakan lagu daerah sekaligus kebanggaan suku Nias, memiliki lirik tentang kerinduan terhadap Nias dari perantauan. Lagu ini sengaja dibawakan untuk mempopulerkan sekaligus mempromosikan kebudayaan Nias melalui lagu di kancah Internasional.

2019 Malawi ACC Concert merupakan sebuah acara penggalangan dana buat pendidikan dan kesejahteraan anak-anak Afrika (Malawi) dibuat komunitas dibawah naungan UNESCO.

Baca Juga: Presiden Jokowi Buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional

Komunitas tersebut sudah aktif sejak tahun 2004 di berbagai negara antara lain Taiwan, Hongkong, Malaysia, Singapore, Jerman, Afrika dan USA. Konser tersebut merupakan konser ke 6 diikuti Fendy lin dan konser kedua diikuti Brian Harefa setelah konser di Hongkong 2018 lalu.

Menurut Brian Harefa, tidak mudah untuk memasukan lagu Nias ke dalam rundown acara tersebut, karena acara dibuat dan setiap lagunya harus berdasarkan argumen dan synopsis yang jelas.

Dalam proses pembuatan rundown acara, Brian Harefa sebagai putera daerah Nias menjelaskan bahwa ada sebuah penelitian dari seorang calon dokter di sebuah Universitas Rotterdam menyatakan bahwa nenek moyang Nias berasal dari Taiwan, dan itu menjadi argumen yang dapat diterima pihak penyelenggara.

Baca Juga: Tiga Penghargaan Peternakan Tingkat Nasional Dianugerahkan Kepada Provinsi Jawa Timur

Lagu tersebut dinyanyikan setelah kata sambutan dari Presiden Direktur ACC, dan mendapat tepuk tangan yang hangat dari penonton. Salah satunya Mia yang mengatakan lagu itu merupakan lagu folksong yang sangat indah, apalagi sinopsisnya yang mengatakan ada hubungan jauh antara Taiwan dengan salah satu daerah di Indonesia menjadikan lagu itu semakin dapat dinikmati. “Selain Sing sing so, lagu ini merupakan lagu kedua dari Indonesia yang pernah kami dengar dan dapat kami nikmati”, ujar Mia penuh rasa bangga.

Selain Fendy Lin dan Brian Harefa, ada juga pengisi acara lain antara lain dari Malawi (Afrika) dan beberapa Artis Taiwan lainnya.

Comments are closed.