Polisi Spanyol Sita Kapal Selam yang berisi Kokain

0
77
Polisi Spanyol Sita Kapal Selam yang berisi Kokain

NAWACITA- Kepolisian daerah Galicia, Spanyol, menyita sebuah kapal selam yang membawa narkoba jenis kokain di kota Cangas dekat perbatasan dengan Portugal. Perwakilan kepolisian menyatakan penyitaan dilakukan sebagai bagian dari operasi memberantas narkoba.

Dikutip AFP, Rabu (27/11), juru bicara pemerintah pusat di Galicia menambahkan aparat penegak hukum turut menangkap dua orang awak kapal asal Ekuador dalam operasi itu.

“Seorang penyelam berhasil masuk ke dalam kapal selam tersebut dan mengambil seikat kokain dari dalam kapal,” kata juru bicara tersebut.

Kepolisian belum bisa memastikan jumlah kokain yang ada di dalamnya sampai kapal selam berhasil mengapung kembali ke permukaan laut.

Baca Juga : Tito Karnavian : Stabilitas Politik Indonesia berjalan Kondusif

Seorang sumber yang terlibat dalam penyelidikan tersebut mengatakan diperkirakan ada beberapa ton kokain yang ada di dalam kapal selam, sedangkan media setempat mendapatkan informasi bahwa kapal itu mengangkut setidaknya tiga ton kokain asal Kolombia.

Sumber lain menuturkan kapal selam sepanjang 20 meter itu berasal dari Amerika Selatan, tetapi dia tidak menyebutkan secara jelas negara asal kapal tersebut. Ia kemudian menyebutkan kasus tersebut bukanlah yang pertama meski jarang terlihat.

Praktik penggunaan kapal selam untuk mengangkut kokain umumnya dilakukan oleh pengedar narkoba, terutama mereka yang berasal dari Kolombia. Setelah dari Meksiko, kapal pengangkut kokain itu akan pergi ke Amerika Serikat.

Analis pertahanan dan geopolitik Pusat Keamanan Maritim Internasional (CIMSEC), Wilder Alejandro Sanchez, menuturkan pembuatan kapal selam tersebut seringkali memanfaatkan beberapa teknisi yang menganggur dan membutuhkan uang.

Beberapa kelompok geng pengedar narkoba membayar mereka untuk mendesain dan membuat kapal selam yang sebagian besar memiliki jenis semi-submersibel yang tidak bisa menyelam layaknya kapal selam pada umumnya. Meski beberapa di antaranya bisa menyelam hingga kedalaman 30 meter di bawah permukaan laut.