Kedutaan Besar AS Keluarkan Travel Warning

332
393
Kedutaan Besar AS Keluarkan Travel Warning

NAWACITA- Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Israel mengeluarkan travel warning kepada warganya yang berpergian ke Yerusalem, Tepi Barat, dan Jalur Gaza.

Keputusan itu dikeluarkan tak lama setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengeluarkan pernyataan kontroversial yang memicu kemarahan warga Palestina, yakni permukiman Yahudi di Tepi Barat tak melanggar hukum internasional.

“Kedubes AS menyarankan kepada warga AS untuk mempertimbangkan berpergian menuju atau melewati Yerusalem, Tepi Barat, atau Jalur Gaza, serta meningkatkan kewaspadaan yang tinggi dan mengambil langkah-langkah tepat untuk meningkatkan keamanan masing-masing sehubungan dengan kondisi saat ini,” bunyi pernyataan kedubes AS, dikutip dari Reuters, Selasa (19/11/2019).

Baca Juga : Tak Perhatikan Arahan Kapolri, Kapolres Kampar dicopot

Disebutkan pula, ada indikasi individu atau kelompok yang menentang pernyataan Menlu Pompeo untuk menyerang fasilitas pemerintah, kepentingan pribadi, serta warga negara AS.

Sebelumnya, Pompeo mengatakan, “Setelah mempelajari dengan seksama semua aspek debat hukum, Amerika Serikat menyimpulkan bahwa pembentukan permukiman sipil Israel di Tepi Barat, pada dasarnya tidak inkonsisten dengan hukum internasional.”

Komentar langsung bermunculan setelah Pompeo mengeluarkan pernyataan tersebut. Selain tentangan dari Palestina, Uni Eropa juga ikut mengomentari. Namun pernyataan Uni Eropa tak secara spesifik mengomentari pernyataan Pompeo.

Comments are closed.