Kaisar Jepang Naruhito Mulai Upacara Penobatan

4
178
Kaisar Jepang Naruhito Mulai Upacara Penobatan
Kaisar Jepang Naruhito Mulai Upacara Penobatan

Tokyo, NAWACITA – Kaisar Jepang Naruhito siap mendeklarasikan penobatannya secara resmi pada Selasa, dalam upacara yang dihadiri oleh pejabat tinggi, termasuk kepala negara dan bangsawan lainnya dari 180 negara lebih.

Naruhito (59) dan Permaisuri Masako (55) lulusan universitas Harvard, mengambil alih kekuasaan pada Mei dalam upacara tradisi dan singkat, namun “Sokui no Rei” pada Selasa merupakan ritual yang lebih rumit, di mana ia secara resmi menyatakan kepada dunia tentang perubahan statusnya.

Naruhito menjadi kaisar Jepang pertama yang lahir setelah Perang Dunia II. Ia naik takhta setelah sang ayah, Akihito, menjadi raja Jepang pertama yang turun takhta dalam kurun waktu dua abad setelah adanya kekhawatiran bahwa faktor usia akan membuatnya sulit melakukan tugas resmi.

Sejumlah orang menunggu di pintu gerbang Istana Kekaisaran di tengah guyuran hujan. Mereka melambaikan bendera Jepang dan meneriakkan nama Naruhito saat ia masuk ke dalam mobilnya pagi ini. Antusiasme mereka dibalas oleh lambaian tangan dan senyum Naruhito dari balik jendela.

Baca juga: Petugas Gabungan Tangani Karhutla di Gunung Petarangan Banjarnegara

Untuk upacara inti, Naruhito akan mengenakan jubah tradisional dan hiasan kepala, sama seperti yang dilakukan oleh sang ayah tiga dekade lalu. Upacara akan dimulai pukul 0400GMT di Matsu no ma, atau Hall of Pine di Istana Kekaisaran, ruangan paling bergengsi di istana, tempat ia secara resmi menggantikan sang ayah “dengan rasa hormat” pada 1 Mei.

Ia akan mendeklarasikan penobatannya dari “Takamikura” – paviliun setinggi 6,5 meter dengan berat sekitar 8 ton – dengan pedang kuno dan permata, yang merupakan dua dari Tiga Harta Karun Suci, ditempatkan di sampingnya.

Permaisuri Masako juga turut mendampingi dalam upacara tersebut, dengan menggunakan jubah tradisional dan singgasananya sendiri.

Akan ada jamuan pada Selasa malam dan Kaisar Naruhito beserta Permaisuri Masako akan menjadi tuan rumah pesta teh keesokan harinya, pada Rabu sore.
Parade perayaan akan ditunda hingga 10 November.

Comments are closed.